Home > Ragam Berita > Vatikan Kerjasama dengan Palestina, Israel Meradang

Vatikan Kerjasama dengan Palestina, Israel Meradang

Vatikan Kerjasama dengan Palestina, Israel Meradang

Presiden Palestina Mahmoud Abbas (kiri) dan Paus Fransiskus
(sumber foto: Reuters)

Vatikan – Setelah sebelumnya mengakui Palestina sebagai sebuah negara yang merdeka, Vatikan kembali melakukan pendekatan terhadap negara tersebut. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Vatikan dan Palestina dilaporkan tengah membuat perjanjian kerjasama yang menyangkut kegiatan gereja di wilayah sarat konflik tersebut. Keputusan tersebut membuat pihak Israel meradang.

Seperti dilansir dari Russia Today (Minggu, 28/6/2015), Menteri Luar Negeri (Menlu) Vatikan, Uskup Agung Paul Gallagher, mengatakan bahwa pihaknya berharap perjanjian ini dapat menjadi sebuah stimulus yang dapat membantu berakhirnya konflik berkepanjangan yang terjadi antara Israel dan Palestina.

Gallagher melanjutan bahwa terwujudnya perjanjian tersebut membutuhkan sebuah keputusan yang berani di antara Vatikan dan Palestina. Perjanjian ini juga mampu memberikan kontribusi besar dalam usaha menciptakan perdamaian dan stabilitas di kawasan Palestina.

Dikatakan pula bahwa Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, sangat optimis bahwa perjanjian kerjasama ini dapat menjadi sebuah solusi bagi Israel dan Palestina untuk mengakhiri konflik sesegera mungkin.

Di lain temptat, Kemenetrian Luar Negeri Israel telah mengatakan “perasaannya” atas keputusan Vatikan tersebut. Pihak Israel menyatakan bahwa langkah yang diambil Vatikan tersebut sangatlah “menyakitkan”.

Adapun Vatikan, di bawah kepemimpinan Paus Fransiskus, telah secara resmi mengakui Palestina sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Pengakuan ini saja sudah membuat Israel geram. Sebab, menurut Israel, sikap Vatikan tersbeut merupakan bentuk keputusan sepihak di tengah perundingan damai antara Israel dan Palestina yang sejatinya belum menemukan kata sepakat. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Panglima TNI Dilarang Masuk ke Amerika Serikat, Kok Bisa?

Jakarta – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo tidak diperbolehkan masuk ke Amerika Serikat oleh US ...