Home > Ragam Berita > Hari Ini Waktu Melambat 1 Detik

Hari Ini Waktu Melambat 1 Detik

Hari Ini Waktu Melambat 1 DetikJakarta – Tepat hari ini, Selasa (30/6/2015), adalah hari dimana waktu berjalan 1 detik lebih panjang dari pada hari biasanya, atau para ilmuwan menyebutnya sebagai lompatan detik kabisat kedua (leap second).

Menurut ilmuwan dari International Earth Rotation and Reference Systems Service, waktu toleransi 1 detik ini diperlukan untuk memastikan waktu pada jam atom tetap sesuai dengan waktu rotasi bumi. Sehingga nantinya pada pukul 23:59 angka pada jam harus diatur agar kembali lagi ke angka 23:59, tidak beralih ke 24:00.

Meskipun hal ini terlihat sepele, namun beberapa ahli teknologi memperingatkan bahwa waktu 1 detik tersebut dapat menyebabkan ‘kiamat kecil’ bagi operasi internet karena sistem komputasi waktu pada komputer tidak dapat menunjukkan detik ke-59 untuk kedua kalinya. Karena itu, kejadian ini dapat mengakibatkan kesalahan sistem pada central processing unit (CPU) dan server.

Namun demikian, raksasa-raksasa internet seperti Google misalnya, mengaku telah mengantisipasi hal ini bahkan sejak 2014 lalu. Langkah yang mereka sebut sebagai leap smear ini dilakukan dengan menambahkan waktu sepersekian milidetik sejak tahun lalu.

Langkah mudah yang juga dapat dilakukan yaitu dengan mematikan sistem komputer pada 1 hingga 2 jam sebelum pukul 23:59. (Dwi Kristyowati – www.harianindo.com)

x

Check Also

Mahfud MD Sindir Pengacara Setya Novanto Yang Ingin Laporkan KPK ke Pengadilan HAM Internasional

Mahfud MD Sindir Pengacara Setya Novanto Yang Ingin Laporkan KPK ke Pengadilan HAM Internasional

Jakarta – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mempertanyakan niat dari kuasa hukum Setya Novanto, ...