Home > Ragam Berita > Kecelakaan Pesawat Hercules: Tercatat ada 101 Penumpang dan 12 Kru

Kecelakaan Pesawat Hercules: Tercatat ada 101 Penumpang dan 12 Kru

Kecelakaan Pesawat Hercules: Tercatat ada 101 Penumpang dan 12 KruMedan – Telah diberitakan bahwa pesawat Hercules C-130 milik TNI AU telah jatuh di Medan, Sumatera Utara. Pesawat tersebut diketahui mengangkut logistik militer beserta 101 orang penumpang dan 12 orang kru.

Keterangan ini disampaikan oleh Kadispen TNI AU, Marsma Dwi Badarmanto, dalam sebuah wawancara dengan Kompas TV (Selasa, 30/6/2015). Dengan maksud menjawab kesimpangsiuran informasi mengenai jumlah penumpang di dalam pesawat naas tersebut, Dwi mengatakan bahwa menurut catatan manifes, terdapat 101 orang penumpang di dalam pesawat tersebut. Selain itu, terdapat pula 12 orang kru pesawat yang bertugas di pesawat yang jatuh di wilayah permukiman tersebut.

Dwi melanjutkan lagi bahwa selain kru pesawat dan prajurit TNI, pesawat Hercules C-130 tersebut juga mengangkut keluarga dari prajurit TNI. Dwi mengatakan bahwa penumpang tersebut sejatinya bukan warga sipil, namun anggota keluarga besar TNI. Karena sang suami harus bertugas di suatu daerah, misalnya Pulau Natuna, maka sekeluarga harus ikut menemani.

Menurut Dwi, keberadaan keluarga prajurit di dalam pesawat Hercules tersebut merupakan sesuatu yang sah-sah saja. Hal tersebut legal mengingat mereka adalah anggota keluarga besar TNI.

Dwi menjelaskan lagi bahwa selain logistik militer, pesawat tersebut mengangkut prajurit yang akan menjalani rotasi piket di daerah-daerah dinas yang akan dikunjungi oleh pesawat tersebut.

Sekedar mengingat kembali, pesawat Hercules C-130 dikabarkan jatuh di kawasan permukiman Jalan Jamin Ginting, Medan, Sumatera Utara, pada Selasa siang, sekitar pukul 11.48 WIB. Diduga pesawat tersebut jatuh akibat kerusakan mesin sesaat setelah lepas landas dari Lanud Suwondo Medan. Pesawat naas ini jatuh menghantam dua ruko dan merusak sejumlah bangunan di sekitarnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

LBH Bakal Polisikan Pihak Yang Menuding PKI

LBH Bakal Polisikan Pihak Yang Menuding PKI

Jakarta – Alghifari Aqsa selaku Direktur Eksekutif Lembaga Bantuan Hukum (LBH) mengatakan bahwa pihaknya tidak ...