Home > Ragam Berita > Inilah Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules C-130 Di Medan

Inilah Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules C-130 Di Medan

Inilah Penyebab Jatuhnya Pesawat Hercules C-130 Di MedanJakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna memberikan keterangan resmi soal penyebab jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (30/6/2015).

Dalam keterangannya pada KompasTV, Kamis (2/7/2015), Marsekal Agus Supriatna menjelaskan bahwa menurut hasil investigasi sementara dari tim Mabes TNI AU, penyebab jatuhnya pesawat Hercules ini adalah karena terjadinya malafungsi pada mesin pesawat sebelah kanan sehingga pesawat terlihat terbang ke kanan dalam ketinggian rendah.

“Saat after take-off pesawat itu mengalami malfunction. Itu dilihat dari rate of climb pesawat tersebut. Rate of climb tetap rendah, berarti ada malfunction salah satu engine. After take-off karena malfunction di engine sebelah kanan, (pesawat) cenderung ke kanan. Saat itu pilotnya sudah minta kembali ke pangkalan return to base,” demikian keterangan Agus Supriatna pada KompasTV.

Lebih jauh Agus Supriatna menjelaskan, dalam keadaan mesin kanan malafungsi, pesawat Hercules ini masih sempat terbang selama 1 menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Medan, Sumatera Utara. Setelah itu pesawat menabrak antena, sebelumnya akhirnya jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan.

Pesawat Hercules yang jatuh ini membawa 122 orang penumpang, termasuk 12 orang kru di dalamnya. Hingga kini, sebanyak 65 jenasah telah berhasil diidentifikasi. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Ditemukan Dokumen Daftar Gaji Tentara ISIS, Ternyata Mereka Dibayar Segini

Ditemukan Dokumen Daftar Gaji Tentara ISIS, Ternyata Mereka Dibayar Segini

Jakarta – Setelah kekalahan ISIS dibeberapa wilayah Irak, khususnya Mossul, ada banyak rahasia dan dokumen ...