Home > Ragam Berita > Kemensos Paling Tinggi Penyerapan Anggarannya

Kemensos Paling Tinggi Penyerapan Anggarannya

Kemensos Paling Tinggi Penyerapan AnggarannyaJakarta – Diungkapkan oleh Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro bahwa kementerian yang presentase penyerapan keuangannya paling tinggi adalah Kementerian Sosial. Namun jika dilihat dari sisi jumlahnya yang paling tinggi adalah Kementerian Pertahanan.

Ketika ditemui wartawan harianindo, Kamis (2/7), di kompleks Istana Negara, Jakarta, Bambang membenarkan bahwa pagu paling tinggi adalah Kemenhan. Untuk nominalnya tidak diingatnya. Namun semua kementerian pada akhir semester I tahun ini pencapaiannya baru sekitar 35 persen atau sekitar Rp 640 triliun.

Sedangkan untuk Kementerian Desa saat ini ergolong rendah penyerapan anggarannya. Hal ini dikarenakan kementerian ini tergolong baru sehingga harus mengubah nomenklaturnya. Selain itu kemeterian yang rendah penyerapan anggarannya adalah Kementerian Perindustrian.

Karena manurut pandangan Bambang bahwa kementerian yang dipimpin oleh Saleh Husin ini tidak banyak memiliki belanja modal. Disayangkan oleh Bambang bahwa ada kementerian lama yang rendah penyerapannya padahal tidak ada perubahan nomenklatur.

Sayangnya ia enggan untuk menyebut kementerian mana yang dimaksud. Diingatkan oleh Bambang bahwa beberapa kementerian harus mempercepat proses penyerapan berdasarkan instruksi dari Presiden Joko Widodo.

Bahkan Presiden mengharapkan untuk mempercepat karena sudah masuk bulan Juli yang berarti masuk ke trimester kedua. Karena jika tidak diserap dengan baik maka akan berakibat negatif pada pertumbuhan.

Namun Bambang tetap optimistis bahwa penyerapan anggaran Kementerian dan Lembaga sampai akhir tahun ini sesuai dengan target yang berkisar 90-92 persen. Di tempat yang terpisah, Mensos Khofifah Indar Parawansa memang mengakui bahwa kementeriannya yang paling tinggi penyerapan anggaran dikarenakan banyak alokasi dana yang harus didistribusi.(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Tantangan Majelis Mujahidin Untuk Para Pelapor Eggi Sudjana

Tantangan Majelis Mujahidin Untuk Para Pelapor Eggi Sudjana

Jakarta – Sekelompok pendukung Eggi Sudjana yang bernama Majelis Mujahidin secara resmi menantang para pelapor ...