Home > Ragam Berita > Ada Enam Calon Hakim Agung Lolos Di DPR

Ada Enam Calon Hakim Agung Lolos Di DPR

Ada Enam Calon Hakim Agung Lolos Di DPRJakarta – Berdasarkan hasil rapat pleno Komisi III DPR, pada Kamis (2/7), telah memutuskan enam orang calon hakim agung yang direkomendasikan oleh Komisi Yudisial (KY) lolos fit and proper test, akan disahkan di sidang paripurna DPR.

Didalam rapat pleno tersebut dipimpin oleh Ketua Komisi III Aziz Syamsuddin. Walaupun sebelumnya beberapa pandangan fraksi-fraksi, terutama dari fraksi Gerindra menolak tiga dari enam hakim, sednagkan 9 fraksi yang lainnya telah setuju.

Penolakan nama ketiga calon hakim ini antara lain Suhardjono, Wahidin, Maria Anna Samiyati. Ketika membacakan keputusan fraksi Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan bahwa memang beberapa nama telah diajukan, namun ada yang belum menunjukkan kapasitas dan kompetensi.

Dari Fraksi Partai Gerindra telah menyetujui calon hakim agung Sunarto, Yosran, dan A Mukti Arto. Dikarenakan yang menolak hanya dari satu fraksi, akhirnya Aziz Syamsuddin meminta pendapat seluruh fraksi apakah keenam calon diterima atau ditolak.

Alhasil peserta rapat setuju untuk menerima keseluruhan enam calon hakim agung. Dengan demikian, maka keenam calon ini akan dibawa ke dalam sidang paripurna DPR untuk kemudian disahkan. (Maria Ulfa – harianindo.com)

x

Check Also

Tujuh Bulan Mendekam di Penjara, Ahok Disebut Lebih Kaya dan Berotot

Tujuh Bulan Mendekam di Penjara, Ahok Disebut Lebih Kaya dan Berotot

Jakarta – Sejak di vonis dua tahun untuk kasus penistaan agama, mantan Gubernur DKI Jakarta ...