Home > Ragam Berita > Aktivitas Gunung Raung: Seribu Rambu Evakuasi Disebarkan

Aktivitas Gunung Raung: Seribu Rambu Evakuasi Disebarkan

Aktivitas Gunung Raung: Seribu Rambu Evakuasi Disebarkan

Kawah Gunung Raung

Surabaya – Seribu lebih rambu-rambu jalur evakuasi telah disebarkan di sejumlah wilayah di tiga kabupaten yang wilayahnya bakal terdampak oleh letusan Gunung Raung di Jawa Timur (Jatim). Tiga kabupaten tersebut antara lain Kabupaten Jember, Bondowoso, dan Banyuwangi.

Rambu-rambu yang dipasangkan tersebut berperan sebagai penunjuk jalan menuju wilayah yang aman dari letusan Gunung Raung. Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jatim, Sudarmawan, rambu-rambu tersebut dipasangkan di kawasan pertigaan dan perempatan jalan di kawasan kecamatan dan desa yang berada di sekitar Gunung Raung. Rambu-rambu tersebut berupa gambar panah serta orang berlari yang diberi tulisan “arah evakuasi”.

Masing-masing daerah diberikan sekitar 400 unit rambu-rambu sejak Sabtu kemarin (4/7/2015). Pengiriman rambu-rambu ini dilakukan bersamaan dengan pengiriman ribuan makser untuk penduduk di sekitar Gunung Raung.

Pemasangan rambu-rambu evakuasi tersebut dilakukan berdasarkan hasil update terbaru dari peta kontijensi jalur evakuasi Gunung Raung. Dari update tersebut, diketahui adanya 33 jalur evakuasi untuk menuju wilayah aman di tiga daerah yang terdampak oleh letusan.

Adapun update informasi tersebut juga menyebutkan bahwa kawasan yang rawan terkena dampak letusan adalah di wilayah Banyuwangi, meliputi 18 desa di 5 kecamatan; lalu Jember, meliputi tiga desa di satu kecamatan; dan kemudian di Bondowoso, meliputi 4 desa di 2 kecamatan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Video Pemotor di Trotoar Maki Pejalan Kaki

Video Pemotor di Trotoar Maki Pejalan Kaki

Jakarta – Kesadaran pengendara kendaraan untuk menghormati pejalan kaki sepertinya masih rendah di Ibu Kota ...