Home > Ragam Berita > Kontroversi Taksi Uber: Klaim Paling Aman

Kontroversi Taksi Uber: Klaim Paling Aman

Kontroversi Taksi Uber: Klaim Paling AmanJakarta – General Manager Uber Indonesia, Alan Jiang, mengklaim bahwa taksi yang mereka operasikan merupakan satu platform transportasi umum yang paling aman dan nyaman di Jakarta. Sebab, taksi Uber disebutkan memiliki beberapa fitur yang mampu menjamin keselamatan penumpangnya.

Dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa pagi tadi (7/7/2015), Alan mengatakan bahwa Uber merupakan transportasi teraman bagi penumpang di Jakarta saat ini. Melalui aplikasi yang mereka operasikan, pihak Uber memiliki database yang memuat identitas para driver-nya. Selain itu, penumpang juga bisa meng-upload keberadaan mereka melalui fitur status yang tersedia dalam aplikasi smartphone tersebut.

Sebagai tambahan, aplikasi Uber juga memiliki fitur tombol “SOS button”. Dengan fitur tersebut, lanjut Alan, pihak kepolisian bisa melacak posisi taksi Uber yang sedang mengalami masalah. SOS Button tersebut bisa digunakan oleh pengendara untuk segera menghubungi polisi jika mereka menghadapi ancaman keamanan tertentu atau sedang terjadi keadaan darurat.

Adapun layanan Taksi Uber sendiri sudah beroperasi di Jakarta hampir satu tahun. Namun demikian, sejumlah pihak, termasuk Pemprov DKI Jakarta, masih melakukan pencekalan terhadap layanan transportasi umum berbasis aplikasi smartphone tersebut.

Menurut Pemprov DKI, alasan pencekalan tersebut adalah faktor keamanan yang belum teruji dan terjamin, ketidakjelasan status badan hukum dari Uber Indonesia, yang berujung pada masalah perpajakan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bule Ini Nekat Pakai Kaos Palu Arit di Borobudur, Apa Alasannya?

Bule Ini Nekat Pakai Kaos Palu Arit di Borobudur, Apa Alasannya?

Jakarta – Seorang wisatawan asal Prancis harus berurusan dengan pihak keamanan saat hendak memasuki Taman ...