Home > Ragam Berita > Perdana Menteri Romania Dituduh Korupsi

Perdana Menteri Romania Dituduh Korupsi

Perdana Menteri Romania Dituduh KorupsiBukares – Tidak banyak aparat penegak hukum yang berani menjerat kepala pemerintahan di saat dia masih berkuasa, namun tidak dengan badan anti korupsi Romania.

Badan anti-korupsi Romania, DNA, pada Senin (13/7/2015) menuntut Perdana Menteri Romania Victor Ponta telah melakukan tindak pidana korupsi berupa penipuan, menghindari pajak, dan pencucian uang pada 2007-2011, sebelum dia menjadi Perdana Menteri pada 2012.

Salah satu negara termiskin di Eropa ini sepertinya sedang berbenah terhadap korupsi. Hal ini terbukti dengan DNA yang telah mendakwa puluhan hakim dan politisi. Perdana Menteri Victor Ponta menjadi pejabat dengan pangkat tertinggi yang menjadi target DNA.

PM Ponta dituduh menerima uang sebesar 55.000 euro dari Dan Sova, seorang sekutu politik dan anggota parlemen yang diduga menyalahgunakan wewenang namun tak bisa dituntut karena dilindungi Ponta.

Sejak dipimpin oleh Laura Kosevi (42), mantan atlet bola basket, DNA, telah membawa 1.100 koruptor ke meja hijau, dan 10.200 orang lainnya dalam penyelidikan. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Istri Ketua RT Ini Mengaku Diberi Amplop Oleh Anies

Istri Ketua RT Ini Mengaku Diberi Amplop Oleh Anies

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau perkembangan perbaikan tanggul di Jatipadang, Jakarta Selatan, ...