Home > Teknologi > Suster Pribadi Kini Ada Dalam Bentuk Robot

Suster Pribadi Kini Ada Dalam Bentuk Robot

Suster Pribadi Kini Ada Dalam Bentuk RobotTokyo – Teknologi robotika berkembang dengan sangat cepat dalam 10 tahun kebelakang. Kini bahkan telah hadir robot yang bisa berperan sebaagai seorang suster pribadi di rumah Anda. Adalah Nippon Telegraph and Telephone (NTT), perusahaan berbasis teknologi yang bermarkas di Jepang yang pertama melahirkannya. Robot yang diberi nama Sota ini mampu mendeteksi kesehatan serta dapat berbicara dan berkomunikasi dengan perangkat pintar yang Anda miliki di rumah.

Awalnya mereka menciptakan ini untuk meningkatkan fasilitas perawatan bagi lansia,” ujar karyawan Perusahaan Jepang, dilansir dari Nikkei.

Robot Sota ini dapat berbicara dalam beberapa percakapan ringan. Dalam sebuah demo pekan lalu, Sota di hubungkan ke televisi atau tablet untuk dapat mengukur tensi darah. Robot yang memiliki berat sekitar 1 kg dengan tinggi 28 cm ini bisa diletakkan di atas lantai atau di atas meja. Rencananya, robot ini akan dijual seharga 805 dolar atau 100 ribu yen. Untuk bisa memiliki robot ini, konsumen bisa mengangsur beberapa ribu yen per bulan.

Sota dapat menyapa pasien dengan kalimat: “Bagaimana kabarmu?” dan “Mari kita mengukur tekanan darah” kemudian melanjutkan “Gunakan monitor tekanan darah, maka saya akan meredupkan cahaya dan Anda dapat bersantai.”

Analisis yang dilakukan Sota ini kemudian akan ditampilkan pada layar monitor TV atupun tablet. Jika memang tekanan darah tinggi, maka sota akan mengatakan “Tekanan darah sedikit tinggi, mari kita mengurangi natrium bulan ini.”

Kemudian, Sota secara otomatis akan menghidupkan AC lalu meminta Anda untuk meminum lebih banyak air putih. Kepurtusan yang diambil Sota ini berdasarkan suhu tubuh dan detak jantung, diukur melalui sensor cerdas dan perangkat yang dipakai.

“Kami berharap, layanan ini dapat dinikmati oleh setiap keluarga di dalam rumah,” ujar Shintaro Watanabe, Kepala Pengembangan Teknologi di NTT. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Driver Go-Jek Bule Ini Bikin Baper Netizen

Driver Go-Jek Bule Ini Bikin Baper Netizen

Jakarta – Moda transportasi via online kini tengah booming. Tak sedikit orang yang akhirnya beralih ...