Home > Ragam Berita > Bersiaplah, Pedagang Ayam Cemani Bisa Raup Untung Jutaan Rupiah

Bersiaplah, Pedagang Ayam Cemani Bisa Raup Untung Jutaan Rupiah

Bersiaplah, Pedagang Ayam Cemani Bisa Raup Untung Jutaan RupiahFlorida – Percaya atau tidak, warga Amerika Serikat kini tengah menggandrungi Ayam Cemani asal Indonesia. Sebuah peternakan yang berada di Florida, Greenfire Farms, mendapatkan orderan Ayam Cemani dalam jumlah besar. Laba yang tidak kecil pun segera dicetak oleh peternakan ini. Keeksotisan Ayam Cemani diperkirakan menjadi faktor utama mengapa ayam jenis ini sangat disukai.

Menurut mereka, pembeli rela mengantre, meski seekor ayam Cemani yang baru menetas, dihargai 200 dolar AS, atau sekitar Rp 2,6 juta!
Harga itu tergolong fantastis, karena di Indonesia, ayam Cemani anakan, ditengarai harganya hanya di kisaran Rp 200 ribu.

“Kita tidak akan bisa tahu, apa yang sebenarnya membuat orang-orang menyukai ayam ini,” kata Paul Bradshaw, pemilik peternakan Greenfire Farms (Kamis, 6/8/2015).

Hanya dalam setahun, Paul mengaku sudah menjual lebih dari 500 ekor ayam ini.

Entah apa yang membuat ayam ini begitu populer di AS sebagai peliharaan, tapi yang jelas, menurut Paul, orang-orang tahu bahwa ayam jenis ini merupakan ayam khas Indonesia, dan terlihat eksotis dengan warna mereka.

Orang kini bahkan menjuluki ayam Cemani sebagai ayam ‘Lamborghini’, mengingat harganya yang wah dan rupanya yang unik dan eksotis.

Paul juga mengaku menjelaskan ke para pembeli, bahwa di Indonesia, terutama oleh orang Jawa, ayam ini digunakan untuk kepentingan klenik dan spiritual.

Greenfire Farms tidak mengimpor langsung ayam ini dari Indonesia, karena adanya larangan impor terkait bahaya flu burung di Asia.

Mereka membiakkan sendiri, setelah mendatangkan indukan langsung dari Indonesia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...