Home > Ragam Berita > Agama Mana Yang Paling Dekat Dengan Tuhan ? Ini Penjelasan Gus Dur

Agama Mana Yang Paling Dekat Dengan Tuhan ? Ini Penjelasan Gus Dur

Agama Mana Yang Paling Dekat Dengan Tuhan ? Ini Penjelasan Gus DurJakarta – Suatu hari, almarhum KH Abdurrahman Wahid atau yang lebih kita kenal dengan panggilan Gus Dur pernah menyampaikan sebuah cerita menarik.

Kali ini soal para pemuka agama yang tengah berdebat. Para pemuka agama tersebut berasal dari tiga agama yakni Islam, Kristen, dan Budha. Ketiga orang tersebut tengah memperdebatkan agama mana yang paling dekat dengan Tuhannya.

Seorang biksu Budha menjawab duluan. “Agama sayalah yang paling dekat dengan Tuhan, karena setiap kita beribadah ketika memanggil Tuhan kita mengucapkan ‘Om’. Nah kalian tahu sendiri kan seberapa dekat antara paman dengan keponakannya?”

Seorang pendeta dari agama Kristen menyangkal.“Ya tidak bisa, pasti agama saya yang lebih dekat dengan Tuhan.” ujar pendeta

“Lah kok bisa ?” sahut biksu penasaran.

“Kenapa tidak,agama anda kalau memanggil Tuhan hanya om, kalau di agama saya memanggil tuhan itu ‘Bapa’ Nah kalian tahu sendiri kan lebih dekat mana anak sama bapaknya daripada keponakan dengan pamannya,” jawab pendeta.

Gus Dur yang belum mengeluarkan argumen masih tetap tertawa malah terbahak-bahak setelah mendengar argumen dari pendeta.

“Loh kenapa anda kok tertawa terus?” tanya pendeta penasaran.

“Apa anda merasa bahwa agama anda lebih dekat dengan tuhan?” sahut biksu bertanya pada Gus Dur.

Gus Dur masih saja tertawa sambil mengatakan “Ndak kok, saya ndak bilang gitu, boro-boro dekat justru agama saya malah paling jauh sendiri dengan Tuhan.” jawab Gus Dur dengan masih tertawa.

“Lah kok bisa ?” tanya pendeta dan biksu makin penasaran.

“ Lah gimana tidak, lah wong kalau di agama saya itu kalau memanggil Tuhan saja harus memakai Toa (pengeras suara),” jawab Gus Dur. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sekjen Partai Golkar Sebut Surat Dukungan ke Ridwan Kamil Palsu

Sekjen Partai Golkar Sebut Surat Dukungan ke Ridwan Kamil Palsu

Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham menegaskan bahwa surat penetapan dukungan kepada Wali ...