Home > Ragam Berita > Menteri Susi Akan Bakar 70 Kapal Ilegal Saat HUT RI

Menteri Susi Akan Bakar 70 Kapal Ilegal Saat HUT RI

Menteri Susi Akan Bakar 70 Kapal Ilegal Saat HUT RIPontianak – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memiliki rencana sensasional untuk peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-70. Rencananya, Susi akan meminta bantuan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Ade Supandi, untuk menenggelamkan 70 kapal asing ilegal. Keduanya saling bertatap muka usai peresmian Pangkalan Utama Angkatan Laut XII (Lantamal XII), Jumat (7/8/2015).

“Ibu Menteri Susi mengharapkan di momen 17 Agustus ini ada 70 kapal yang di tenggelamkan,” kata Ade, Jumat (7/8/2015).

Kapal yang akan ditenggelamkan tersebut merupakan hasil tangkapan TNI AL, Polair, dan PSDKP yang dikoordinasikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Dirjen PSDKP) Asep Burhanudin sehari sebelumnya mengatakan hal yang sama. Menurut dia, sinergitas antar-stakeholder perlu terus dipertahankan dan ditingkatkan dalam memberantas pencurian sumber daya laut di Perairan Indonesia.

Asep menambahkan, sejauh ini ada 92 kasus tindak pidana kelautan dan perikanan yang ditangani Direktorat Jendral Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP. Kasus tersebut terdiri dari 77 kapal yang ditangani KKP, ditambah pelimpahan dari berbagai instansi, seperti Polair, Bea Cukai, PSDKP dan TNI AL.

Dari 92 kapal tersebut, 36 kapal di antaranya sudah menjalani proses hukum. Sebanyak 13 kapal sudah disita untuk dimusnahkan. Selebihnya masih menunggu kasasi, banding, dan P21 dari Kejaksaan.

“Arahan dari ibu Susi mengharapkan dari 36 kapal ini sebelum hari kemerdekaan ini proses hukumnya sudah selesai, sehingga pada saat hari kemerdekaan nanti bisa ditenggelamkan. Beliau berkeinginan akan menenggelamkan 70 kapal pada saat hari kemerdekaan nanti. Mudah-mudahan keinginan beliau itu bisa terealisasi,” kata Asep, kemarin. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Unjuk Rasa Besar-Besaran Terjadi di Moskow Terkait Tuduhan Korupsi Perdana Menteri Dmitry Medvedev

Unjuk Rasa Besar-Besaran Terjadi di Moskow Terkait Tuduhan Korupsi Perdana Menteri Dmitry Medvedev

Moskow – Ribuan orang turun ke jalanan Tverskaya, Moskow pada Minggu (26/3/2016) waktu setempat, menuntut ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis