Home > Gaya Hidup > Tak Seramai Dulu, Pamor Batu Akik Mulai Menurun

Tak Seramai Dulu, Pamor Batu Akik Mulai Menurun

Tak Seramai Dulu, Pamor Batu Akik Mulai MenurunJakarta – Bisingnya suara mesin gerinda bergemuruh di Pasar Grosir Baru Akik Nusantara di Rawa Bening Jatinegara, Jakarta, Jumat (7/8/2015). Belasan mesin gerinda yang digunakan memotong dan membentuk batu akik terlihat berbaris rapi yang berada di area tersebut. Beberapa orang nampak asik memotong dan menggosok batu yang sudah dipesan pembeli.

Ya, di pasar ini penggemar batu akik bisa langsung membeli dan mengolah bongkahan batu akik. Area pasar ini dibagi menjadi dua area, yaitu area yang menjual bongkahan batu dan area untuk mengolah atau mengasah batu.

Pasar yang berdekatan dengan Jakarta Gems Center ini bisa menjadi lokasi pilihan bagi pemburu akik yang ingin membeli secara grosir, baik per bongkahan atau per kilogram.

Aput, salah satu pedagang batu akik, telah berjualan di pasar ini selama tujuh bulan. Pria yang tinggal di Kwitang ini mengaku sudah mulai bersentuhan dengan batu akik sejak 1988. Dari situ dia mulai berdagang akik.

“Kalo ditanya mengenai tren harga, ya sejak pertengahan bulan puasa harganya mulai turun. Contoh aja, batu pancarwarna kualitas super, dulu harganya bisa Rp 10 juta per kilogram, sekarang turun jadi Rp 3 juta per kilogramnya,” kata Aput.

Aput berpendapat, turunnya harga disebabkan penggemar batu akik mulai pilih-pilih dalam membeli. Tidak semua jenis batu akik dibeli.

“Gak kayak awal-awal masyarakat latah, gak pake mikir belinya. Dulu awal-awal populer saya bisa dapat Rp 12 juta dari menjual akik. Sekarang mereka mulai pikir dan pilah-pilah jenis batu,” kata Aput lagi. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pose Inilah Yang Menjadi Andalan Bella Hadid di Instagram

Pose Inilah Yang Menjadi Andalan Bella Hadid di Instagram

Jakarta – Menjadi selebritis di dunia nyata rasanya kurang lengkap jika tidak menjadi selebritis juga ...