Home > Ragam Berita > Ambisi PM Jepang Untuk Hapus Senjata Nuklir

Ambisi PM Jepang Untuk Hapus Senjata Nuklir

Ambisi PM Jepang Untuk Hapus Senjata Nuklir Nagasaki – Jepang baru saja memperingati 70 tahu n jatuhnya bom atom di Nagasaki. Pada acara yang dilakukan pada Minggu (9/8/2015), dilakukan peringatan untuk menghormati 74 ribu korban tewas sebagai tumbal dari kekalahan Jepang di Perang Dunia II.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, yang turut hadir lalu memberikan pidatonya di depan puluhan ribu peserta yang memadati area upacara/ Tak ketinggalan perwakilan dari 75 negara termasuk DUta Besar Amerika Serikat Caroline Kennedy.

“Sebagai satu-satunya negara yang diserang bom atom saat perang, saya memperbarui tekad kami untuk memimpin usaha global dalam melucuti persenjataan nuklir, untuk menciptakan dunia tanpa senjata seperti itu,” ucap Abe, seperti dilansir AFP.

Abe berjanji Jepang akan terus menjalankan prinsipnya, yakni tidak memproduksi, memiliki atau mengizinkan masuknya senjata nuklir ke Negeri Sakura.

Dalam acara perayaan serupa sehari sebelumnya di Hiroshima, Abe dikritik karena tidak menyinggung tiga prinsip dasar Jepang terkait nuklir.

Terkait dunia militer, Abe dikritik sebagian kalangan karena berusaha mengembangkan Pasukan Pertahanan-Diri, yang dibentuk semata untuk perlindungan dalam negeri Jepang.

Kritik ditujukan karena Abe hendak membuat Pasukan Pertahanan-Diri dapat membantu negara sekutu jika sewaktu-waktu diserang. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Media Singapura Sebut Anies Baswedan Punya Ambisi Maju di Pilpres 2019

Media Singapura Sebut Anies Baswedan Punya Ambisi Maju di Pilpres 2019

Jakarta – Keberhasilan Anies Baswedan dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta pada Senin (16/10/2017) disebut sebagai ...