Home > Ragam Berita > Seru, Adu Panjat Pinang Antara Marinir TNI AL Dan Marinir AS

Seru, Adu Panjat Pinang Antara Marinir TNI AL Dan Marinir AS

Seru, Adu Panjat Pinang Antara Marinir TNI AL Dan Marinir ASSitubondo – Ada yang lucu di sela-sela latihan bersandi “Cooperation Afloat Readliness and Training” (CARAT) 2015. Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (Unites States Marine Corps) terlihat tertawa seru dan bekerja sama menjadi yang pertama saat mengikuti lomba panjat pinang, tanpa peduli lengketnya oli yang melumuri tubuh para prajurit berbeda bangsa tersebut.

Selain lomba panjat pinang, prajurit AS juga merasakan keseruan lomba khas 17 Agusutus lainnya, seperti balap karung dan balap bakiak. Tentunya, lomba-lomba ini tak hanya mengandalkan kecepatan, tapi juga kecermatan dan kerja sama yang baik.

Sebelum menjalani lomba, prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika yang biasa disebut USMC menyerbu pantai Banongan, Situbondo, Jawa Timur, untuk melumpuhkan musuh yang menduduki pantai Banongan, Sabtu (08/08).

Latihan yang disaksikan Komandan Satgas Carat 2015 Kolonel Laut (P) Arsyad Abdullah, Asops Danpasmar-1 Kolonel Marinir I Made Sukada, Paban Sops Kormar Letkol Marinir Qomarudin, Komandan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Wahyu Endriawan, Komandan Puslatpur Baluran Letkol Mar Darwin Tambunan, Komandan Dodiklatpur Rindam V/Brawijaya Letkol Inf Heru Cahyono dan para pejabat TNIPolri di wilayah Situbondo itu, diawali dengan bantuan tembakan kapal ke arah pantai yang dilakukan USS Germantown.

Setelah terdengar bantuan tembakan kapal, diikuti dengan keluarnya 4 kendaraan tempur LVT-7A milik Korps Marinir TNI AL dari perut KRI Makassar-590 dan 14 Assoult Ampbhibious Vehicle (AAV) milik USMC dari USS Germantown LSD-42 yang berada di perairan teluk Jangkar. Setelah berada di laut, kemudian kendaraan tempur tersebut membentuk formasi untuk melakukan pendaratan pasukan ke pantai Banongan yang telah diduduki musuh.

Setelah mendarat sesuai gelombang pendaratan, ratusan prajurit Marinir kedua negara menyerang sasaran dengan cara penyerbuan mekanis. Prajurit Korps Marinir TNI AL di bawah pimpinan Komandan Kompi Kapten Marinir Haris dan Marinir Amerika (USMC) di bawah pimpinan Komandan Kompi Captain USMC Bender. Kerja sama Marinir kedua negara tersebut berhasil merebut dan menguasai sasaran yang sebelumnya dikuasai musuh. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

FPI Keberatan Dengan Perppu Ormas, Polri Sindir Ormas Yang Bertingkah Seperti Polisi

FPI Keberatan Dengan Perppu Ormas, Polri Sindir Ormas Yang Bertingkah Seperti Polisi

Jakarta – Front Pembela Islam (FPI) menyatakan keberatannya dengan diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Perppu ...