Home > Ragam Berita > Profil Lengkap Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong

Profil Lengkap Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong

Profil Lengkap Menteri Perdagangan Thomas Trikasih LembongJakarta – Presiden Joko Widodo menjatuhkan pilihannya kepada Thomas Trikasih Lembong selaku Menteri Perdagangan. Thomas dilantik bersama dengan lima nama yang menduduki pos baru di Kabinet Kerja. Berikut adalah profil lengkap Thomas Trikasih Lembong yang dilansir Harian Indo dari berbagai sumber (Rabu, 12/8/2015).

Thomas Trikasih Lembong atau lebih dikenal Tom Lembong adalah seorang pengusaha dan bankir asal Indonesia. Sebelum terpilih sebagai Menteri Perdagangan, Nama Tom bertarung dengan beberapa nama lain dalam bursa reshuffle. Mantan Menteri Perdagangan di era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yaitu Muhammad Lutfi juga digadang-gadang akan menggantikan Rachmat Gobel.

Jika disandingkan kedua nama tersebut, masyarakat luas tentu lebih mengenal Lutfi jika dibandingkan dengan Tom. Namun sebenarnya, sepak terjang Tom di sektor keuangan sudah lama.

Nama Tom pernah juga muncul di bursa menteri saat Presiden Joko Widodo akan membentuk kabinet baru pada September 2014 lalu. Namanya muncul untuk posisi Menteri Keuangan dan juga Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Nama Tom mulai dikenal saat divestasi saham PT Bank Central Asia (BCA). Saat itu, Tom menjabat sebagai Kepala Divisi Asset Management Investment di Badan Penyelamatan Perbankan Nasional (BPPN).

Tom merupakan lulusan Harvard University pada 1994 program studi Architecture and Urban Design dengan gelar Bechelor of Arts. Saat ini dirinya menjabat sebagai CEO dan Managing Partner dari perusahaan ekuitas swasta terkemuka yang berfokus di Indonesia, yaitu Quvat Capital.

Perusahaan investasi tersebut mengelola dana lebih dari US$ 500 juta. Lebih dari 11 perusahaan berada di bawah manajemen Quvat. Perusahaan-perusahaan tersebut bergerak di sektor kelautan, logistik, konsumsi, dan juga keuangan.

Tom dinilai sebagai pribadi yang penuh pengalaman. Dia pernah bekerja di sejumlah perusahaan internasional seperti Morgan Stenley dari 1995 hingga 1996, Deutsche Bank, menjabat sebagai President Commissioner PT Graha Layar Prima (Blitzmegaplex) dan Farindo Investments.

Tom juga pernah menyabet gelar Young Global Leader (YGL) pada ajang World Economic Forum pada 2008 di Davos, Swiss. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Massa FPI Siap Dirikan Pesantren di Cipinang Bila Rizieq Ditahan

Massa FPI Siap Dirikan Pesantren di Cipinang Bila Rizieq Ditahan

Jakarta – Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab hari ini, Senin (23/1/2017) ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis