Home > Ragam Berita > Profil Lengkap Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Profil Lengkap Sekretaris Kabinet Pramono Anung

Profil Lengkap Sekretaris Kabinet Pramono AnungJakarta – Presiden Joko Widodo menjatuhkan pilihannya kepada Pramono Anung selaku Sekretaris Kabinet (Seskab). Pramono dilantik bersama dengan lima nama menteri yang menduduki pos baru di Kabinet Kerja. Berikut adalah profil lengkap Pramono Anung yang dilansir Harian Indo dari berbagai sumber (Rabu, 12/8/2015).

Dr. Ir. Pramono Anung Wibowo , M.M.(lahir di Kediri, Jawa Timur, 11 Juni 1963; umur 52 tahun) adalah politikus Indonesia yang menjabat sebagai Sekretaris Kabinet Indonesia sejak 12 Agustus 2015. Ia juga pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) mewakili PDI Perjuangan periode 2009 – 2014.

Pramono Anung lahir di Kediri, Jawa Timur. Ia menempuh pendidikan sarjana di Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung dan Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada. Pada 11 Januari 2013, Pramono resmi menyandang gelar doktor Ilmu Komunikasi Politik dari Universitas Padjajaran.

Ia mengawali kariernya dengan menggeluti dunia bisnis dengan banyak memangku posisi penting, misalnya direktur di PT. Tanito Harum (1988-1996) dan PT. Vietmindo Energitama (1979-1982), serta komisaris di PT. Yudhistira Haka Perkasa (1996-1999). Karier politiknya dirintis dari bawah dengan bergabung menjadi anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pada tahun 2000 ia berhasil menjabat sebagai Wakil Sekjen DPP PDIP. Tahun 2005, Pramono Anung naik jabatan menjadi Sekretaris Jenderal PDIP. Sebagai Sekjen PDIP, ia bertugas menggerakkan roda partai hingga ke daerah-daerah. Ia menjadi penggerak untuk memastikan semua organ partai bekerja memenangkan Megawati dalam Pemilu 2009.

Pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono ia terpilih menjadi wakil ketua DPR RI untuk periode 2009 – 2014. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

PBNU Menilai Tak Perlu Lagi Acara Nobar Film G30S PKI

PBNU Menilai Tak Perlu Lagi Acara Nobar Film G30S PKI

Jakarta – Aizzudin Abdurrahman yang merupakan Ketua Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) memberikan komentar terkait ...