Home > Ragam Berita > Inilah Kasus Yang Pernah Menyeret Nama Rizal Ramli

Inilah Kasus Yang Pernah Menyeret Nama Rizal Ramli

Inilah Kasus Yang Pernah Menyeret Nama Rizal RamliJakarta – Menko Kemaritiman yang baru saja ditunjuk oleh Presiden Jokowi, Rizal Ramli, ternyata pernah tersandung kasus. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah memanggil mantan Menko Perekonomian tersebut untuk dimintai keterangan.

Rizal tiba pukul 10.05 WIB, menumpang mobil SUV Lexus hitam bernomor polisi B 306 JG. Sebelum diperiksa, dia sempat memberikan pernyataan.

“Betul saya dipanggil dalam rangka penyelidikan kasus BLBI. Minggu lalu kan Pak Kwik (Kian Gie),” kata Rizal kepada wartawan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (12/4/2013).

Rizal berharap dengan penyelidikan baru kasus BLBI itu, KPK bisa mengungkap sepenuhnya perkara beberapa tahun silam itu. Dia pun ingin lembaga anti korupsi itu bisa mendapatkan kembali aset negara yang dicuri.

Menurut Rizal, anggaran pemerintah masih tersedot buat membayar bunga subsidi BLBI. Padahal menurut dia, anggaran negara diperlukan buat membiayai hal lain, seperti pendidikan, produksi bahan bakar minyak, dan lainnya.

Sepekan sebelumnya, KPK sudah meminta keterangan Mantan Menko Perekonomian Kwik Kian Gie. Dia juga dimintai keterangan terkait dugaan terjadinya tindak pidana korupsi, khususnya dalam penerbitan surat keterangan lunas (SKL).

Mantan Ketua KPK, Antasari Azhar, juga pernah mengusut kasus BLBI, khususnya tentang kemungkinan adanya penyalahgunaan wewenang dan proses dilakukan pejabat negara dalam penerbitan SKL. Antasari berpendapat jika ada proses SKL yang tidak sesuai ketentuan, KPK akan merekomendasikan agar kasus BLBI itu diusut lagi.

BPPN menerbitkan SKL berdasarkan Inpres No 8/2002 yang dikenal dengan Inpres tentang Release and Discharge. Isinya berupa pemberian jaminan kepastian hukum kepada debitor yang telah menyelesaikan kewajibannya. Namun SKL juga menyebutkan adanya tindakan hukum kepada debitor yang tidak menyelesaikan kewajibannya berdasarkan penyelesaian kewajiban pemegang saham. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

14 Partai Dinilai Memenuhi Syarat Kelengkapan Pemilu 2019, Ini Daftarnya

14 Partai Dinilai Memenuhi Syarat Kelengkapan Pemilu 2019, Ini Daftarnya

Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi menutup periode pendaftaran dan perbaikan dokumen kelengkapan ...