Home > Gaya Hidup > Apa Kata Hukum Islam Terkait Membunuh Cicak?

Apa Kata Hukum Islam Terkait Membunuh Cicak?

Apa Kata Hukum Islam Terkait Membunuh Cicak?Jakarta – Salah satu hewan reptile kecil yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan nama “cicak” ternyata memiliki kisahnya tersendiri dengan Nabi Muhammad SAW. Banyak hadits yang membahas tentang hewan yang sering dinilai menjijikan tersebut, khususnya, hadits tentang membunuh cicak.

Disebutkan bahwa cicak merupakan binatang yang berbahaya bagi kesehatan. Hewan “rumahan” tersebut nyaris tidak memiliki manfaat berarti bagi manusia.

Penjelasan dari Ummu Syarik mengatakan bahwa Rasulullah pernah memerintahkan untuk membunuh cicak. Alasannya, hewan ini telah meniup dan memperbesar api yang telah membakar Nabi Ibrahim.

Selain itu, dari Abu Hurairah juga menjelaskan, Rasul pernah menerangkan bahwa membunuh cicak dengan 1 kali pukulan berpahala lebih besar dari pada dengan pukulan kedua.

Selanjutnya, kotoran cicak mengandung bakteri yang berbahaya yaitu bakteri E. coli. Bakteri yang dapat menimbulkan sakit perut dan bahkan keracunan makanan.

Meskipun terkesan “kejam” dan diskriminatif, ada beberapa hikmah membunuh cicak yang dapat diambil, yaitu:

  1. Mengikuti sunnah Rosul merupakan suatu kesempurnaan sebagai seorang muslim
  2. Sesuatu yang kecil dan memiliki banyak kemudharatan wajib untuk disingkirkan
  3. Terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang ada dalam kotoran cicak
  4. Setiap umat muslim harus tunduk dengan syari’at karena manusia mempunyai keterbatasan fikiran
  5. Perintah membunuh cicak merupakan suatu ujian bagi manusia, apakah manusia akan taat dengan ketetapan Allah atau malah mengedepankan pikiran mereka yang terbatas sehingga menolak perintah tersebut

Adapun tidak hanya membunuh cicak, Islam juga menghimbau untuk melakukan pencegahan perkembangbiakannya dan dampak negatif bagi kesehatan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

  1. Semprotkan pestisida di beberapa tempat disekitar rumah yang sering ditemukan cicak seperti atap rumah.
  2. Basmi sumber makanan cicak yaitu nyamuk dengan menyemprotkan obat nyamuk. Sehingga dengan menurunnya jumlah populasi nyamuk maka secara langsung akan mengurangi jumlah populasi cicak.
  3. Cucilah piring dan wadah yang telah digunakan dengan bersih
  4. Bersihkan sisa makanan yang ada di meja
  5. Simpanlah makanan di tempat yang benar-benar tertutup
  6. Simpan barang berharga di tempat yang aman dan taruhlah hand phone dalam keadaan terbalik agar cicak tidak merayap pada layarnya

(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Tips Memilih Kamar Hotel Yang Aman

Tips Memilih Kamar Hotel Yang Aman

Jakarta – Bila Anda berencana akan bepergian yang mengharuskan Anda untuk menginap di hotel, pastikan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis