Home > Ragam Berita > Batu Akik Punya Andil Besar Tingkatkan Pendapatan Daerah

Batu Akik Punya Andil Besar Tingkatkan Pendapatan Daerah

Batu Akik Punya Andil Besar Tingkatkan Pendapatan DaerahDenpasar – Ternyata fenomena demam batu akik juga memberikan imbas pada meningkatnya pendapatan daerah di beberapa kota/kabupaten di Indonesia. Salah satu contohnya seperti yang terjadi di Bali, maraknya produksi perhiasan batu akik atau jenis permata lainnya yang terus berkembang di pasaran dalam dan luar negeri berpengaruh terhadap perolehan devisa Provinsi Bali.

Tingginya permintaan perhiasan Bali mendongkrak perolehan devisa daerah wisata itu.

Laporan Dinas Perindustrian dan Perdagangan setempat menyatakan bahwa perolehan devisa dari aneka jenis perhiasan melonjak menjadi 15,3 juta dolar AS selama enam bulan periode Januari-Juni 2015 atau naik dari periode yang sama tahun 2014 yang hanya 9,5 juta dolar AS.

Perkembangan batu akik di dalam negeri semakin terkenal, maka turis asing yang datang dan melakukan perjalanan wisata ke daerah ini juga ada diantaranya banyak yang berminat membelinya sebagai cenderamata terutama yang memiliki nilai magis.

Aneka perhiasan perak yang diisi dengan mutiara, batu permata yang dibuat secara antik dan unik laku keras ke Singapura, Hong Kong, Australia dan Amerika Serikat.

“Pengusaha Singapura dan Hong Kong tampaknya bersaing untuk bisa membeli barang perhiasan yang dibuat antik dan unik, karena diisi batu akik yang dinilai bertuah untuk dijual kembali kepada konsumen mancanegara,” tutur Made Parsua, pengusaha di Gianyar, Jumat (14/8/2015).

“Kami dalam memenuhi pesanan memerlukan mutiara, batu permata bahan baku perhiasan dari luar negeri untuk memenuhi permintaan pasar mancanegara. Oleh sebab itu mengimpor permata untuk diekspor kembali, di samping asal Kalimantan,” katanya.

Permata yang dibeli pengusaha kemudian dipadukan dengan rancangan perhiasan yang diproduksi masyarakat Bali, selanjutnya diekspor kembali dan mata dagangan bernilai seni tersebut laris di pasar ekspor.

Tidak saja wisatawan asing yang senang dengan perhiasan yang diisi permata dan logam mulia, pelancong Nusantara juga banyak mengoleksi aksesori dengan permata yang dibubuhi batu permata. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Sandiaga Uno Sebut Ada 542 TPS Putaran Pertama Yang Hasilnya Janggal

Sandiaga Uno Sebut Ada 542 TPS Putaran Pertama Yang Hasilnya Janggal

Jakarta – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menyebutkan bahwa ada 542 tempat pemungutan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis