Home > Ragam Berita > Inilah Kampanye Antikorupsi di Hari Pramuka ala Ahok

Inilah Kampanye Antikorupsi di Hari Pramuka ala Ahok

Inilah Kampanye Antikorupsi di Hari Pramuka ala AhokJakarta – Tradisi-tradisi ‘sederhana’ seperti memberi hadiah kepda guru dan pegawai sekolah memang sudah terjadi di Jakarta sejak lama. Pemberian hadiah tersebut ada yang dilakukan secara ikhlas maupun yang memiliki maksud tertentu.

Kebiasaan semacam ini telah dilarang sejak lama oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, atau yang dikenal juga dengan panggilan Ahok. Menurut Ahok, kebiasaan-kebiasan tersebut bisa menumbuhkan benih-benih korupsi di kalangan anak-anak.

Mantan Bupati Belitung Timur itu pun bercerita, ada seorang anak ingin memberikan hadiah kepada guru hingga satpam sekolah. Melihat niat tersebut, orangtua pun merespons baik. “Anaknya bilang gini, ‘pah, mah, saya perlu kasih hadiah pada satpam, guru sekolah’. Orangtua pikir anak ini hati baik, jiwa sosial yang baik,” tutur Ahok dalam peringatan Hari Pramuka di Lapangan Monas, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Suatu waktu, lanjut Ahok, sang anak terlambat berangkat ke sekolah. Orangtua pun khawatir anaknya tidak bisa masuk karena terlambat. Tapi, sang anak coba menenangkan orangtuanya.

“Tenang saja bu, kan pak satpam tiap tahun sudah dikasih hadiah. Kalau saya yang telat pasti boleh masuk,” lanjut Ahok.

Hal ini, kata Ahok, memang terkesan sepele. Tapi, sebenarnya sangat menunjukkan ada potensi korupsi sejak kecil yang ditunjukkan sang anak melalui hadiah.

“Ini kan tidak benar. Ada potensi korupsi di sana. Jadi kakak-kakak tidak boleh ya nerima hadiah dari orangtua,” pungkas Ahok.

Ahok memang sempat menyelipkan agenda kampanye antikorupsi kepada anak-anak yang mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka. Menurutnya, prinsip anti-korupsi harus ditanamkan sejak dini pada anak-anak sebagai penerus bangsa di masa yang akan datang. Oleh karena itu, kegiatan dan tradisi-tradisi yang bisa menumbuhkan benih-benih korupsi harus segera ditinggalkan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pakar Ungkap Perbedaan Ekspresi Wajah Jokowi Saat Lantik Anies dan Ahok

Pakar Ungkap Perbedaan Ekspresi Wajah Jokowi Saat Lantik Anies dan Ahok

Jakarta – Pakar ekspresi wajah, Handoko Gani, menilai ada perbedaan ekspresi wajah Presiden Joko Widodo ...