Home > Gaya Hidup > Inilah Cara Cepat Bebaskan Diri dari Jeratan Utang

Inilah Cara Cepat Bebaskan Diri dari Jeratan Utang

Inilah Cara Cepat Bebaskan Diri dari Jeratan UtangNew York – HUtang merupakan salah satu langkah finansial yang lumrah dilakukan untuk memenuhi kebutuhan seorang individu, kelompok, bahkan hingga perusahaan besar. Hutang biasa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan penting dan mendesak yang belum bisa dipenuhi dengan sumber daya atau uang yang tersedia.

Namun demikian, hutang yang dimiliki oleh seorang individu bisa membuat kehidupan semakin menyulitkan bila tidak ditangani dengan sebaik-baiknya.

Adapun cara untuk mengurangi utang itu sederhana. Misalnya dengan mengurangi pengeluaran dan mengalokasikan uang tambahan ke dalam pembayaran utang Anda.

Namun di luar tagihan bulanan tetap seperti pembayaran KPR rumah atau cicilan mobil, Anda mungkin tidak memiliki ide yang tepat tentang bagaimana Anda menghabiskan sebagian besar uang Anda.

Seperti dilansir dari CNN (Sabtu, 15/8/2015), ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terbebas dari utang.

– Gambarkan ke mana saja uang Anda pergi

Jika Anda ingin mengontrol utang Anda, mulai dengan mencari tahu pola pengeluaran Anda dan mengidentifikasi biaya yang tidak perlu. Untuk tiap bulan, tuliskan setiap rupiah yang Anda belanjakan, termasuk membeli secangkir kopi sebesar Rp12 ribu atau membeli majalah Rp20 ribu.

Itu akan menjelaskan berapa banyak pengeluaran yang Anda lakukan secara rutin dan berapa sering Anda membelanjakan uang untuk suatu hal.

– Pangkas belanja yang tidak penting

Hitung besarnya belanja yang Anda habiskan tiap bulan dan bandingkan dengan penghasilan Anda. Jika kurang dari apa yang Anda peroleh, cari uang tambahan untuk membayar utang Anda. Jika belanja melebihi pendapatan Anda, Anda perlu untuk memangkas belanja yang dinilai tidak terlalu penting.

– Menurunkan biaya rutin Anda

Mengekang pengeluaran selama beberapa bulan ke depan efektif untuk mengatasi utang. Ambil langkah-langkah untuk menurunan besaran cicilan KPR rumah Anda. Jika Anda memiliki riwayat pembayaran yang baik, bisa minta perusahaan kartu kredit Anda untuk menurunkan suku bunga.

– Cobalah untuk meningkatkan penghasilan Anda

Perhatikan apakah ada cara untuk meningkatkan gaji untuk Anda bawa pulang. Coba cek, jika Anda mendapatkan pengembalian pajak besar setiap tahun, itu berarti gaji Anda terlau banyak dipotong, dan Anda bisa memanfaatkannya.

(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Tato Wulan Guritno Yang Banyak Diperbincangkan Netizen

Inilah Tato Wulan Guritno Yang Banyak Diperbincangkan Netizen

Jakarta – Tato memang salah satu seni lukis tubuh yang digemari, terutama bagi kalangan artis. ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis