Home > Ragam Berita > ISIS Ledakkan Bom Truk di Baghdad, 38 Tewas

ISIS Ledakkan Bom Truk di Baghdad, 38 Tewas

ISIS Ledakkan Bom Truk di Baghdad, 38 TewasBaghdad – Kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) mengklaim bahwa mereka bertanggung jawab atas ledakan bom truk yang terjadi di Baghdad pada Kamis kemarin (13/8/2015). Ledakan yang terjadi di kawasan yang didominasi kaum Syiah tersebut menewaskan 38 orang.

Seperti dilansir dari AFP (JUmat, 15/8/2015), Serangan bom dahsyat, yang diyakini ditujukan untuk menurunkan kepercayaan terhadap pemerintah dan menyulut ketegangan sektarian itu, terjadi setelah Jenderal Raymond Odierno memperingatkan bahwa rekonsiliasi di Irak terlihat semakin sulit.

Jenderal Odeirno, yang pernah menjadi komandan pasukan AS di Irak pada 2008-2010, sebelumya mengatakan bahwa Irak nampaknya akan terpecah belah.

Bom truk itu meledak di sebuah pasar sayur mayur di kawasan Sadr City, di wilayah utara Baghdad pada sekitar pukul 06.00 waktu setempat atau sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu, pasar tersebut tengah dipadati warga yang berbelanja.

Akibat ledakan itu, selain menewaskan 38 orang warga, sebanyal 80 orang lainnya menderita luka. Bom itu juga menghancurkan sebagian bangunan pasar, membunuh kuda-kuda beban, membakar kendaraan dan mengakibatkan berbagai jenis sayur berceceran.

Dalam sebuah pernyataan yang diunggah ke internet, ISIS mengklaim bertanggung jawab dalam ledakan bom truk yang disebutnya sebagai sebuah operasi yang “diberkati”. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Anies Minta Daftar Permasalahan Yang Belum Selesai di Jakarta

Anies Minta Daftar Permasalahan Yang Belum Selesai di Jakarta

Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar para pejabat di Pemprov DKI Jakarta ...