Home > Gaya Hidup > Masih Ingat Dengan Mangkuk Ayam Jago Ini? Yuk Simak Sejarahnya

Masih Ingat Dengan Mangkuk Ayam Jago Ini? Yuk Simak Sejarahnya

Jakarta – Bagi penyuka mie ayam dan bakso, pastinya sudah tak asing lagi dengan mangkuk legendaris ini. Ya, mangkuk bergambar ayam jago ini sudah populer sejak tempo dulu.

Masih Ingat Dengan Mangkuk Ayam Jago Ini? Yuk Simak Sejarahnya

Namun tahukah Anda, bahwasanya mangkuk legendaris ini bukan asli buatan Indonesia. Karena jika diperhatikan dengan seksama, ada tulisan berwarna hitam ‘Made in China’ yang tertera di bagian bawah mangkuk.

Desain mangkuk ini sendiri sangat sederhana dan membuatnya mudah diingat. Latar mangkuk didominasi warna putih dan sedikit gambar bunga beserta daunnya dan tak ketinggalan ayam jago dengan jengger warna merah, persis ayam khas asal Cina.

Mangkuk yang memiliki diameter atas 16,5 cm, diameter bawah 9 cm dan tinggi 6 cm tersebut juga telah lama digunakan oleh bangsa Cina kuno, tepatnya di masa Dinasti Ming.

Namun banyak juga di antara para peneliti yang berpendapat bahwa mangkuk ini berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. Dikatakan bahwa ayam merah itu disebut ayam hutan Gallus, yang telah lama diternak dan dibudidaya sejak 8000 SM.

Dan pada 5300 – 4300 SM, telah ditemukan artefak atau fosil ayam Gallus gallus di Cina. Selanjutnya menyebar ke India tepatnya di lembah Indus pada 2500 – 3000 SM. Dan yang paling terbaru ditemukan di Yunani pada tahun 409.

Perdebatan dari mana si mangkuk ayam jago itu berasal sebenarnya tak jadi masalah, yang terpenting mangkuk tersebut banyak berjasa bagi pedagang-pedagang bakso dan mie ayam di Indonesia. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Begini Cara Mengatasi Sakit Kepala Yang Terjadi Akibat Bekerja

Begini Cara Mengatasi Sakit Kepala Yang Terjadi Akibat Bekerja

Jakarta – Pekerjaan yang menumpuk dan tekanan yang bertubi-tubi akibat beban pekerjaan yang belum terselesaikan ...