Home > Travel & Kuliner > Karena Dianggap Sakral, Perempuan Diharamkan Datang ke Gunung Ini

Karena Dianggap Sakral, Perempuan Diharamkan Datang ke Gunung Ini

Athos – Yunani merupakan salah satu negara di dunia yang terkenal kaya akan peninggalan sejarah dan keindahan alam. Pengakuan tersebut salah satunya datang dari badan pendidikan dan kebudayaan internasional, UNESCO.
Karena Dianggap Sakral, Perempuan Diharamkan Datang ke Gunung Ini
UNESCO pun telah menetapkan satu gunung di Yunani, yaitu Gunung Athos, sebagai Situs Warisan Dunia. Selain terkenal dengan keindahannya, Gunung Athos yang terletak di semenanjung Makedonia, Yunani bagian utara, ini juga menyimpan kisah yang unik.

Gunung dengan luas 390 kilometer persegi ini merupakan rumah bagi sekitar 20 biara Ortodoks Timur dan ditinggali 2000 biarawan. Para biarawan ini menjalani kehidupan terisolasi dari kehidupan luar.
Karena Dianggap Sakral, Perempuan Diharamkan Datang ke Gunung Ini
Dan yang paling unik ternyata Gunung Athos terlarang bagi kaum perempuan. Tradisi kuno ini sudah berlangsung berabad-abad lamanya. Bahkan bukan hanya perempuan, seluruh hewan betina pun dilarang hidup di kawasan gunung ini. Terkecuali burung dan serangga yang terbebas dari aturan tersebut.

Larangan tersebut berkaitan dengan keyakinan bahwa kaum wanita, atau juga betina, mejadi penghambat bagi biarawan yang ingin mencari pencerahan di sana.

Gunung Athos merupakan sebuah negara otonom di bawah kedaulatan Yunani. Mereka memiliki aturan tersendiri, mengenai pelarangan pergerakan bebas dan barang di wilayahnya.

Untuk masuk ke daerah itu pun tidak mudah. Hanya laki-laki yang bersikap tenang, yang bisa menginjakkan kaki di gunung tersebut. Tentu saja setelah mendapat izin, karena kunjungan diatur sangat ketat. Setiap harinya hanya 100 pengunjung beragaman ortodoks dan 10 non-ortodoks yang diperbolehkan masuk ke wilayah Gunung Athos.

Para biarawan tinggal di tempat tersebut dengan tujuan mendekatkan diri kepada Sang Maha Kuasa. Jubah hitam yang dipakai para biarawan menandakan kematian mereka dari dunia luar. Mereka menghabiskan hari dengan berdoa dan merenungkan diri dalam diam.

Meski memiliki beberapa peraturan ketat, Gunung Athos tetap menjadi buruan para wisatawan. Bukan hanya lantaran tempatnya yang indah, tapi para pengunjung bisa melihat secara langsung kehidupan biarawan yang serba sederhana.

Para perempuan hanya bisa menikmati keindahan Gunung Athos dari kejauhan saja. Selain itu, sebagian besar orang yang datang ke gunung sakral ini memang bertujuan untuk melakukan perjalanan religius atau melakukan studi keagamaan. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Begini Cara Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Berbau

Begini Cara Mengolah Daging Kambing Agar Bau Prengus

Jakarta – Peringatan Hari Raya Idul Adha selalu identik dengan daging kambing dan sapi kurban ...