Home > Gaya Hidup > Tak Hanya Enak Diminum, Anggur Merah Ternyata Memiliki Khasiat Super

Tak Hanya Enak Diminum, Anggur Merah Ternyata Memiliki Khasiat Super

Jakarta – Selama ini anggur merah selalu identik dengan minuman wine. Minuman berwarna merah pekat kebanggaan masyarakat Prancis ini juga ternyata memiliki banyak nilai plus bagi kesehatan orang yang meminumnya.

Tak Hanya Enak Diminum, Anggur Merah Ternyata Memiliki Khasiat Super

Berikut adalah alasan meminum satu gelas red wine setiap hari yang dilansir oleh Harian Indo dari berbagai sumber (Kamis, 20/8/2015).

1. Baik untuk jantung

Antioksidan dalam red wine yang disebut flavonoids terbukti bisa menurunkan risiko penyakit jantung. Flavonoids bekerja menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah dan meningkatkan produksi kolesterol baik, HDL.

Menurut para peneliti di Universitas California, salah satunya bernama Davis, varietas anggur tertentu memiliki lebih banyak kandungan flavonoids dibandingkan jenis lainnya. Jenis Cabernet Sauvignon paling banyak mengandung flavonoids, diikuti dengan Petite Sirah, Pinot Noir, kemudian Merlot dan Red Zinfandel.

2. Dapat mengurangi depresi

Meski kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam jumlah tinggi sering dikaitkan dengan masalah kesehatan mental, meminum segelas red wine per hari malah berdampak sebaliknya. Studi terbaru menunjukkan, individu yang rutin meminum dua hingga tujuh gelas kecil red wine setiap minggu lebih jarang menderita depresi dibandingkan mereka yang yang jarang minum atau bahkan tidak minum anggur merah sama sekali.

3. Membantu proses pencernaa

Mengonsumsi pepaya atau yoghurt Yunani di pagi hari bukan satu-satunya cara melancarkan BAB. Studi mengungkap, kadar bakteri baik dalam pencernaan Anda bisa meningkat dengan meminum segelas red wine.

4. Membantu menurunkan berat badan

Studi terbaru meneliti tentang dampak piceatannol, senyawa dalam red wine yang dikonversi dari antioksidan resveratrol, terdapat pada lemak. Studi lab terbaru menemukan bahwa piceatannol menghambat terbentuknya sel lemak, dan studi lainnya mengamati bagaiman senyawa tersebut membantu tubuh tetap langsing.

5. Meningkatkan ingatan

Polifenol, juga ditemukan dalam teh, kacang-kacangan, buah berry, dan kakao, dapat meningkatkan daya ingat dan mengurangi risiko Alzheimer. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Bandel di Punggung

Begini Cara Menghilangkan Jerawat Bandel di Punggung

Jakarta – Jerawat merupakan gangguan pada kulit yang cukup menjengkelkan. Disamping kulit menjadi tidak nyaman, ...