Home > Ragam Berita > Ahok Siapkan Rusun Dengan Cita Rasa Apartemen Untuk Warga Kampung Pulo

Ahok Siapkan Rusun Dengan Cita Rasa Apartemen Untuk Warga Kampung Pulo

Jakarta – Warga yang berdomisili di Kampung Pulo mendapatkan relokasi di Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Jatinegara, Jakarta Timur. Penggusuran yang dialami mereka disebabkan oleh program revitalisasi sungai yang diterapkan oleh Pemprov DKI Jatim (Kamis, 20/8/2015).

Ahok Siapkan Rusun Dengan Cita Rasa Apartemen Untuk Warga Kampung Pulo

Sayangnya sebagian besar warga Kampung Pulo ini enggan untuk dipindahkan ke Rusun dengan segudang alasan. Salah satunya adalah luas unit Rusun yang dianggap tidak sesuai dengan luas rumah mereka terdahulu.

Dari 518 unit Rusun yang disediakan untuk warga, baru 429 unit saja yang diambil kuncinya untuk mulai dibersihkan sebelum ditempati. Kepala Pengelola Rusun Wilayah III‎ Said Ali menerangkan bahwa sejak bulan Juni 2015, undian pengambilan kunci sudah dilakukan. Namun belum semua warga kampung yang kini sedang dalam proses penggusuran itu mengambil jatah mereka.

Keberatan lain dari warga adalah karena mereka harus membayar sewa rusun setelah 4 bulan menempati, sebesar Rp300 ribu per bulan selanjutnya. Itu di luar listrik dan air. Sementara saat di rumah Kampung Pulo, tak membayar sewa karena rumah mereka sendiri yang ditempati.

Uang sewa Rp 300 ribu per bulan itu adalah biaya Iuran ‎Pengelolaan Lingkungan (IPL).

Sekilas rumah susun itu memang terlihat seperti apartemen dengan 16 lantai dan fasilitas berupa lift, petugas keamanan dan petugas kebersihan. Terdiri dari 2 tower yang terlihat eksklusif, masing-masing unit yang akan ditempati warga luasnya 6X5 meter. Terdapat 2 kamar tidur, dapur, kamar mandi, serta jemuran di dalamnya.

Tempat ibadah berupa masjid, PAUD, food Court, dan pos kesehatan rencananya juga akan dibangun oleh Pemprov DKI. Ada juga tempat parkir khusus bagi warga dan taman. Fasilitas itu dimaksudkan untuk membuat warga Kampung Pulo yang mendiami Rusun akan lebih teratur dan nyaman, ketimbang saat masih berada di bantaran kali Ciliwung. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...