Home > Ragam Berita > Presiden Korsel Perintahkan Militer Untuk Siap Berperang

Presiden Korsel Perintahkan Militer Untuk Siap Berperang

Seoul – Park Geun-Hye selaku Presiden Korea Selatan memerintahkan militer Korsel untuk siap bertempur kapanpun terkait ketegangan antara Korsel dan Korut baru-baru ini.

Presiden Korsel Perintahkan Militer Untuk Siap Berperang

Perintah dari Presiden Park ini disampaikan langsung oleh Juru Bicara Blue House, Min Kyung-Wook. Min menyebutkan jika sang presiden sudah diberi gambaran lengkap mengenai insiden yang tengah terjadi di perbatasan barat Korsel.

“Presiden Park baru memimpin rapat dengan National Security Council (NSC) pada pukul 6.00 sore. Dia sudah mendapatkan penjelasan mengenai serangan roket,” ujar Min, seperti dikutip Korea Times (Kamis, 20/8/2015).

Ini merupakan pertama kalinya bagi Park memimpin rapat NSC. Umumnya Ketua NSC Kim Kwan-Jin memimpin rapat, namun isu yang dibahas sangat penting, Park memutuskan untuk memimpin dari bunker Cheong Wa Dae.

“Selama rapat yang berlangsung 40 menit, Presiden Park menegaskan bahwa pemerintah harus menjamin keselamatan dari warga yang berada di wilayah perbatasan,” imbuh Min.

Korea Selatan mengevakuasi warga dari sebuah desa yang berbatasan dengan Korea Utara di wilayah barat (Kamis, 20/8/2015).

Perintah evakuasi dikeluarkan setelah Korut menembakkan serangkaian roket ke wilayah Korsel. Roket ini diarahkan ke pengeras suara Korsel, yang dalam beberapa hari menyiarkan pesan progaganda.

Pejabat lokal Korsel mengatakan sekitar 80 warga di Yeoncheon telah dibawa ke tempat aman. Mereka semua diminta berlindung di beberapa tempat penampungan sementara. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Pengacara Hotma Sitompoel Juga Mendapatkan Keuntungan dari Proyek E-KTP

Jakarta – Hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta meyakini, dua terdakwa mantan pejabat di Kementerian Dalam ...