Home > Ragam Berita > Menkeu Sebut Ada Yang Ganjil Dalam Pelemahan Rupiah Hingga Hampir Sentuh Rp 14.000

Menkeu Sebut Ada Yang Ganjil Dalam Pelemahan Rupiah Hingga Hampir Sentuh Rp 14.000

Jakarta – Anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ke 4.354 dan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hingga Rp13.900 per USD bisa jadi disebabkan karena sentimen yang berlebihan.

Menkeu Sebut Ada Yang Ganjil Dalam Pelemahan Rupiah Hingga Hampir Sentuh Rp 14.000

“Kondisi sekarang irasional, yang terjadi sekarang enggak mencerminkan fundamental dan lebih berdasarkan pada sentimen berlebihan,” kata Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro saat bincang-bincang dengan wartawan di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta (Jumat, 21/8/2015).

Bambang menjelaskan, sentimen berlebihan ini muncul karena adanya kekhawatiran currency war, price war di sektor minyak (oil) dan spekulasi Amerika Serikat (AS) akan menaikkan suku bunganya.

“Ini berimbas ke semua, harga saham di AS saja jatuh, semua bursa kena, karena keadaan irasional itu,” sebutnya.

Baca juga:
Ternyata Ini Yang Menjadi Penyebab Rupiah Hampir Sentuh Rp 14.000
Gawat! DPR Mulai Cemas Rupiah Tembus Rp 15.000
Rupiah Diprediksi Terus Terpuruk Hingga Akhir Tahun

Menurut Bambang, saat ini kondisi perekonomian dunia memang sedang tidak bagus, sehingga tidak ada jalan keluar untuk memulihkan kondisi perekonomian dengan cepat. Dia menambahkan, pemerintah hanya bisa mencegah agar penurunan ini tidak terlalu dalam.

“Langkah kami, terus koordinasi dengan Bank Indonesia. Setiap hari kami koordinasi. Pokoknya kalau ada kekhawatiran pasti ada cover meeting di FKSSK,” tukasnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Inilah Video Saat Jonru Diusir Oleh Warga NTT

Inilah Video Saat Jonru Diusir Oleh Warga NTT

Jakarta – Jonru Ginting yang dikenal dengan pernyataan-pernyataannya yang selalu mengundang kontroversial sepertinya kena batunya ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis