Home > Travel & Kuliner > Ikan Mentah Masih Menjadi Santapan Favorit Masyarakat Jepang

Ikan Mentah Masih Menjadi Santapan Favorit Masyarakat Jepang

Tokyo – Orang Jepang memang dikenal suka mengkonsumis daging ikan mentah. Makanan yang disebut sashimi tersebut telah membudaya sejak zaman nenek moyang mereka.
Ikan Mentah Masih Menjadi Santapan Favorit Masyarakat Jepang
Salah satu alasan lain mengapa masyarakat Jepang sangat gemar mengkonsumsi ikan mentah adalah karena kondisi perairan laut Jepang juga bisa dikatakan sangat baik. Ini juga berpengaruh pada kualitas ikan, sehingga masyarakatnya berani mengonsumsi ikan mentah.

“Sebenarnya ikan dimana-mana itu sama. Yang membedakan adalah kondisi lautnya. Ikan yang hidup di Jepang bisa dikatakan berkualitas baik karena kondisi lautnya juga bagus. Makanya orang Jepang berani mengonsumsi ikan mentah,” jelas Rusman, Supervisor Miyama Japanese Restaurant di Hotel Borobudur, Jakarta.

Baca juga
Inilah Nomor-Nomor Penting Untuk Wisatawan Indonesia di Thailand
Resep dan Cara Membuat Mie Kangkung Betawi

Selain itu, masakan Jepang memang dikenal memiliki tradisi untuk mempertahankan cita rasa alami dari bahan-bahannya, yaitu dengan meminimalisir proses memasak. Begitu juga dengan sajian sashimi yang hanya dicelupkan ke kecap Jepang (soyu) yang jika disantap, cita rasa alami dari ikan tersebut akan masih terasa.

Lain hal dengan kondisi perairan Tanah Air yang tidak sebagus Jepang. Hal ini juga yang membuat jika menyantap sajian ikan dari Indonesia, idealnya harus diolah dulu agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

“Kalau kita (di Indonesia) kan ikannya harus dimasak sekian derajat dulu baru bisa dimakan,” ujarnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Wow, Villa Tempat Obama Menginap Bertarif Rp 95 Juta per Malam

Wow, Villa Tempat Obama Menginap Bertarif Rp 95 Juta per Malam

Denpasar – Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat ini tengah berlibur di Bali setelah ...