Home > Ragam Berita > Kini Giliran Biara Kristen di Suriah yang Menjadi Sasaran Amuk Militan ISIS

Kini Giliran Biara Kristen di Suriah yang Menjadi Sasaran Amuk Militan ISIS

Damaskus – Lembaga Pengamat HAM Suriah melaporkan bahwa kelompok Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) telah menghancurkan biara Kristen kuno di Provinsi Homs, Suriah. Aksi terbaru ISIS ini terlihat dalam foto-foto yang beredar di dunia maya.
Kini Giliran Biara Kristen di Suriah yang Menjadi Sasaran Amuk Militan ISIS
Foto-foto yang dimuat di media sosial menunjukkan buldoser menghancurkan bagian Biara Santo Elian, yang terletak di dekat Kota Qaryatain. Kota ini memang telah jatuh ke n tangan ISIS pada bulan Agustus ini.

Sejumlah keluarga Kristen Suriah pun melarikan diri dari Qaryatain saat anggota ISIS memasuki kota itu. Kelompok militan itu pun menculik sekitar 230 warga kota, termasuk puluhan orang Kristen.

Syrian Observatory for Human Rights (SOHR), kelompok HAM yang berbasis di Inggris, mengatakan bahwa ISIS kemudian membebaskan sekitar 48 tawanan dan memindahkan 110 lainnya ke Raqqa, markas besar mereka di Suriah.

Sejak menguasai sebagian Suriah dan Irak, ISIS telah menghancurkan bangunan situs-situs keagamaan dan arkeologi. Mereka tidak peduli dengan nilai kesejarahan dan pendidikan dari situs-situs tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dijenguk Djarot, Ahok Minta Dibawakan Durian

Dijenguk Djarot, Ahok Minta Dibawakan Durian

Jakarta – Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Siaful Hidayat mengaku masih sering menjengung rekan ...