Home > Gaya Hidup > Tips Menjaga Kulit Agar Tidak Mudah Keriput Dan Kendur

Tips Menjaga Kulit Agar Tidak Mudah Keriput Dan Kendur

Jakarta – Kulit mulus dan kencang merupakan hal yang dibamba-dambakan setiap orang. Untuk mencapainya, dibutuhkan perawatan baik dari dalam dan luar. Asupan makanan yang tepat berkontribusi besar dalam menjaga kesehatan kulit. Selain itu, perlu juga menghindari beberapa jenis makanan dan minuman yang ternyata bisa mengganggu kesehatan kulit kita.

Tips Menjaga Kulit Agar Tidak Mudah Keriput Dan Kendur

Keripik yang gurih dan gorengan yang renyah memang enak. Tetapi jika terlalu sering dikonsumsi akan membuat kelenturan kulit menurut. Menurut rekomendasi Healthy Eats (Selasa, 18/08/2015) beberapa makanan dan minuman ini sebaiknya dibatasi konsumsinya karena dapat merusak kesehatan kulit. Berikut daftarnya.

1. Minuman Soda
Minuman bersoda atau soft drinks yang mengandung kadar gula tinggi dapat merusak struktur formasi kolagen pada kulit. Fungsi kolagen memberikan elastisitas, kelenturan, ketahanan, dan kekenyalan kulit. Dalam satu kaleng soda terdapat lebih dari 10 sdm gula (33 g). Jumlah ini melebihi kadar konsumsi gula harian.
Sebaiknya kurangi konsumsi minuman bersoda dan minuman tinggi kadar gula. Ganti dengan minuman lebih sehat seperti air putih dan minuman tanpa tambahan pemanis.

2. Minuman Alkohol
Sama halnya dengan soda, alkohol dapat merusak kesehatan kulit. Efek diuretik dari mengonsumsi alkohol membuat kelembapan kulit menurun hingga dapat mengakibatkan dehidrasi. Kandungan ethanol dalam minuman beralkohol berkisar anatar 4% – 6% bahkan beberapa merk minuman tertentu kandungan ethanolnya mencapai 12%.

Selain dehidrasi, efek ringan dari minuman beralkohol yaitu membuat mata menjadi cekung, kulit kusam, dan sulit berkonsentrasi. Imbangi dengan banyak minum air putih dan mengonsumsi makanan sehat.

3. Permen
Permen biasanya dikaitkan dengan masalah gangguan kesehatan gigi, mulai gigi keropos, gigi bolong, hingga karies gigi. Ternyata makanan manis yang memiliki beragam rasa dan bentuk ini juga dapat merusak kesehatan kulit. Hampir 90% komposisi permen adalah sukrosa atau pemanis buatan yang dapat merusak formasi kolagen dalam kulit.

4. Makanan yang Digoreng
Makanan yang digoreng mengandung kadar lemak jahat tinggi yang berasal dari minyak. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jahat selain dapat mengakibatkan kegemukan juga dapat merusak kesehatan kulit.

Lemak dapat menghambat aliran darah yang bertugas membawa oksigen dan mengalirkan ke seluruh tubuh menjadi terganggu, sehingga pasokan oksigen pada tubuh berkurang. Hal ini mengakibatkan kondisi kulit yang tidak sehat seperti kusam, kering, berjerawat, dan keriput.

5. Roti Tawar Putih
Beberapa riset menunjukkan bahwa makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi dapat merusak kesehatan kulit. Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi diantaranya adalah roti tawar putih dan makanan yang berkarbohidrat tinggi. Kadar gula yang terdapat didalamnya dapat menaikkan gula darah dan insulin dalam tubuh.

6. Camilan Asin
Natrium atau sodium pada dasarnya diperlukan oleh tubuh, tapi jika berlebihan malah akan menimbulkan efek buruk. Mono Sodium Glutamat (MSG) yang sering ditemukan dalam makanan ringan merupakan salah satu penyebab kesehatan kulit menurun. Kadar garam yang tinggi dapat menyerap air dalam tubuh yang bertugas melembabkan kulit. Akibatnya kulit menjadi kering dan keriput.

7. Mayonnaise
Bahan utama membuat mayonnaise adalah minyak. Dalam 1 sendok makan mayonnaise memiliki sodium 105 mg dan 4,91 g lemak. Kandungan omega 6 yang tinggi dalam mayonnaise dapat merangsang proses inflamasi. Omega 6 banyak terdapat pada kedelai, jagung, dan minyak biji bunga matahari. Untuk mengatasinya, sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsi omega 6 atau menyeimbangkan dengan ‚Äčk‚Äčonsumsi omega 3 yang dapat menghentikan proses inflamasi.

(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Penelitian, 78 Persen Wanita Ingin Bercinta Pada Malam Hari

Penelitian, 78 Persen Wanita Ingin Bercinta Pada Malam Hari

JAKARTA – Survei terbaru yang dilakukan oleh situs Sleepcupid menyatakan bahwa, malam hari merupakan waktu ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis