Home > Ragam Berita > BI Katakan Anjloknya Rupiah Adalah Fenomena Global

BI Katakan Anjloknya Rupiah Adalah Fenomena Global

Jakarta – Belakangan ini nilai tukar rupiah terhadap dolar terus mengalami penurunan. Tren negatif ini bahkan diprediksi akan terus terjadi sampai akhir tahun 2015. Namun demikian, Bank Indonesia (BI) meminta pelemahan nilai tukar Rupiah ini tidak dianggap sebagai permasalahan Indonesia saja.

BI menilai, anjloknya nilai tukar Rupiah merupakan fenomena global yang dialami semua mata uang. Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia (DGS-BI), Mirza Adityaswara, menjelaskan bahwa saat ini kondisi mata uang internasional yang menguat hanya sedikit, salah satunya adalah dolar AS dan Swiss franc.
BI Katakan Anjloknya Rupiah Adalah Fenomena Global
“Mata uang dunia yang menjelekkan semua, ada yang melemah 6 persen, ada 20 persen, ada yang sudah 30 persen seperti mata uang Brasil. Ini selama tahun ini Indonesia melemah sekitar 10 persen, Malaysia lebih dari 16 persen,” kata Mirza di Gedung Mahkamah Agung (MA), Jakarta, Kamis lalu (20/8/2015).

“Jangan melihat ini spesifik isu Indonesia, ini isu global,” sambungnya.

Menurut Mirza, yang terpenting saat ini adalah bagaimana pemerintah, Bank Indonesia dan semua pihak mengawal Rupiah agar tetap stabil di tengah situasi ekonomi global yang tidak baik.

“Sebenarnya apa yang terjadi kita tahu bahwa negara di sini dalam kondisi yangg sedang tidak baik, Tiongkok yang biasa tumbuh 12 persen sekarang hanya 6,8 persen, Eropa walaupun membaik tapi membaik secara lambat. Negara emerging market yangg lain Brazil, Afsel Thailand juga tertekan, jadi Indonesia juga enggak sendirian menghadapi ekonomi dunia yang terjadi saat ini,” ujarnya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Daftar Ke KPU, Eggi Sudjana Klaim PPB Partai Paling Bersih

Daftar Ke KPU, Eggi Sudjana Klaim PPB Partai Paling Bersih

Jakarta – Pengacara kondang Eggi Sudjana baru saja mendaftarkan partai yang baru saja dipimpinnya bernama ...