Home > Otomotif > SPG Cantik Dibayar Rp 1,2 Juta/4 Jam, Tukang Lap Mobil Hanya Diganjar Rp 200 Ribu/Hari

SPG Cantik Dibayar Rp 1,2 Juta/4 Jam, Tukang Lap Mobil Hanya Diganjar Rp 200 Ribu/Hari

Jakarta – Selalu siap dengan kain lap serta cairan pembersih, wanita ini berdiri di pojokan booth mobil megah.

SPG Cantik Dibayar Rp 1,2 Juta/4 Jam, Tukang Lap Mobil Hanya Diganjar Rp 200 Ribu/Hari

Ketika melihat mobil yang dijaganya kusam dan dipenuhi cap tangan pengunjung, wanita ini lantas buru-buru bergegas untuk memolesnya hingga kembali mengkilap. Semua noda pun hilang. Seperti itu terus hingga pameran selesai sekitar jam 9 malam.

Perannya kerap kali terlupakan dalam pameran akbar tahunan, Indonesia Internasional Motor Show. Tukang lap ini tenggelam dengan kemolekan para SPG cantik.

Padahal mereka pegang peran cukup penting. Menjaga mobil tetap terlihat menarik agar konsumen terpikat. Meski tugasnya terbilang berat, honor yang didapat tak seberapa. Jauh lebih kecil dibanding para SPG.

Dalam perbicangannya dengan wartawan di IIMS 2014 (Sabtu, 22/8/2015), wanita ini mengaku diupah Rp 200 ribu dari pagi hingga malam. Itu sudah termasuk uang makan dan transport.

Kata wanita lulusan SMA itu, jika sudah selesai pameran, mobil tetap harus dalam keadaan mengilap dan ditutup cover.

Beda brand otomotif tampaknya memiliki kebijakan lain soal upah. Ahmad, tukang lap yang bekerja di salah satu brand otomotif Hall D, JIExpo, Kemayoran mengaku hanya diupah Rp 70 ribu per hari.

Timpang, upah ini jauh lebih kecil beberapa kali lipat dibanding para wanita lain, SPG yang dibayar Rp 700 ribu hingga Rp 1,2 juta dalam satu kali shift (biasanya 4-6 jam).

Bahkan produsen mobil rela merogoh kocek hingga miliar rupiah untuk SPG aduhai, dari yang lokal sampai impor.

Suzuki sebagai salah satu peserta IIMS mengaku menggelontorkan Rp 1 miliar untuk memakai jasa SPG-SPG cantik.

Jumlah itu dihitung mulai dari perekrutan sampai mereka bertugas menjaga booth. SPG yang berjaga di produsen berlogo ‘S’ ini dijuluki Suzuki Angels.

“Dari sekitar 800 pendaftar telah diseleksi sebanyak 40 orang,” ujar Rifkie Setiawan, Group Head Committee IIMS Project 2014.

Menurut Rifkie, Suzuki Angels berbeda dengan brand representative lainnya di mana tidak ada target sales yang diberikan.

Baca juga:
Ingin Booking SPG Sexy Ini, Siapkan Kocek Jutaan Rupiah
Foto-Foto SPG Cantik di Ajang GIIAS 2015

“Tugas utama mereka adalah 100 persen memperkuat brand image Suzuki, syaratnya 3B (Brain, Beauty, dan Behavior): cantik, smart, dan attitude-nya juga harus bagus,” kata Rifkie.

Mereka ditunut tidak sekedar cantik, tapi harus punya pengetahuan tentang produk. “Ini berguna untuk menjelaskan kepada pengunjung. Maka dari itu mereka sebelumnya kami training product knowledge.” (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Terendam Banjir

Ini Yang Harus Dilakukan Setelah Mobil Terendam Banjir

Jakarta – Hujan yang masih turun dengan intensitas tinggi di Tanah Air menyebabkan beberapa wilayah ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis