Home > Gaya Hidup > Tips Sukses dalam Bisnis Online

Tips Sukses dalam Bisnis Online

Jakarta – Saat ini, internet memiliki peran yang sangat penting dalam keberhasilan sebuah bisnis. Oleh karena itu, wajar bila banyak pengusaha yang begitu serius menjalankan bisnisnya melalui jalur internet.
Tips Sukses dalam Bisnis Online
Tak jarang, pengusaha-pengusaha tersebut berani merogoh kocek dalam-dalam untuk membuat sebuah website yang menarik, informatif, dan tentunya user-friendly untuk mendukung bisnisnya. Namun demikian, suksesnya suatu bisnis lewat internet bukanlah hal yang datang begitu saja. Diperlukan langkah-langkah khusus sebagai penunjang sepanjang bisnis tersebut berjalan di internet.

Menurut C-Vibe, salah satu perusahaan digital marketing di Jakarta, sedikitnya ada tujuh tips yang dapat membuat bisnis Anda sukses di internet. Mereka menyebut tujuh ramuan itu sebagai “7 Cash Point”.

Lalu, apa saja point-point sukses tersebut?

1. Headline Section
Headline Section adalah bagian kepala yang isinya sangat penting atau sebuah kalimat yang mewakili seluruh kalimat. Jadi pada saat seorang pengunjung pertama kali membuka sebuah website, maka yang bakal tampil lebih dulu adalah bagian ini. Pada bagian ini, berikan gambaran yang jelas terkait apa yang Anda jual atau Anda tawarkan kepada pengunjung. Kemudian terangkan dengan jelas apa benefit yang akan mereka dapat ketika mengunjungi website tersebut.

2. Image Slider
Suatu website tidak akan berjalan dengan baik tanpa dilengkapi dengan gambar-gambar yang menarik. Website tanpa gambar itu bisa diartikan bagai sayur kurang garam. Untuk membuat suatu website tampil lebih menarik, yaitu dengan adanya image slider. Image slider sendiri berisi beberapa gambar yang akan muncul secara bergantian sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Buatlah visualisasi yang menceritakan tentang bisnis Anda itu lewat image slider. Karena tak sedikit dari para pengunjung yang lebih menyukai tampilan visual dari pada kata-kata.

3. Video Sales Presentation
Informasi tentang bisnis atau jasa yang Anda tawarkan ke pengunjung bukan cuma bisa dicerna melalui gambar dan tulisan saja. Melainkan bisa diberikan lewat sebuah video sales presentation. Buatlah sebuah video tutorial yang menjelaskan apa yang sedang Anda tawarkan kepada pengunjung. Dengan begitu, pengunjung yang hadir di website Anda akan lebih paham dan lebih mengerti apa yang Anda sampaikan kepada mereka.

4. About Us
Biasanya ketika mereka mulai tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, kini giliran mereka untuk tahu dan mengenal lebih dalam tentang Anda. Siapa Anda, apakah Anda orang yang bisa dipercaya atau tidak, dan apakah Anda orang yang sudah berpengalaman? Maka dari itu, jelaskan siapa Anda sebenarnya. Ceritakan kepada mereka bahwa Anda sangat layak dipercaya dan jelaskan juga bahwa Anda sanggup untuk melakukan apa yang sudah Anda janjikan kepada mereka.

5. Testimoni
Testimoni adalah sebuah gambaran untuk menumbuhkan kepercayaan pengunjung yang kuat kepada Anda. Testimoni didapat dari pelanggan yang sudah percaya dengan Anda. Di mana mereka bercerita tentang hal positif selama menjadi pelanggan Anda. Maka dari itu, kumpulkan dan terapkanlah testimoni yang sudah Anda dapat dari pelanggan Anda ke dalam website bisnis Anda.

6. How to Buy
Ini adalah tahap dimana Anda selangkah lagi akan meraih sukses dari bisnis yang Anda jalankan di internet. Kalau sudah mencapai tahap ini, artinya pengunjung sudah tertarik dan percaya dengan Anda. Maka dari itu, berikan informasi yang mudah dimengerti secara bertahap kepada mereka terkait bagaimana caranya agar mereka bisa membeli dari bisnis atau jasa yang Anda tawarkan kepada mereka.

7. Lead Capture
Biasanya tak sedikit dari pengunjung yang hadir pertama kalinya langsung tertarik dengan bisnis atau jasa yang Anda tawarkan. Hal ini sangat wajar, karena mungkin mereka butuh waktu untuk berpikir atau semacamnya. Akan tetapi, bukan berarti Anda kehilangan mereka. Karena Anda masih bisa mendapatkan mereka apabila Anda mau mendekatkan diri kepada mereka. Caranya dengan menggunakan teknik “lead capture”. Saat Anda harus menghubungi mereka beberapa kali lagi hingga mereka benar-benar siap untuk membeli dari apa yang Anda tawarkan.

Itulah tadi 7 tips untuk memajukan bisnis online anda. Tertarik untuk segera menerapkannya? Semoga sukses! (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Janda Kaya Ini Bangga Telah Tiduri Lebih dari 100 Pria Beristri

Janda Kaya Ini Bangga Telah Tiduri Lebih dari 100 Pria Beristri

Jakarta – Isu pelakor ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, namun perselingkuhan justru menjadi tren ...