Jakarta – Minggu pagi kemarin (23/8/2015), puluhan anak-anak warga Rusunawa Jatinegara Barat, Jakarta Timur, berkumpul di lantai dasar bangunan bertingkat 16 tersebut. Anak-anak ini merupakan bagian dari keluarga asal Kampung Pulo yang rumahnya digusur dan direlokasi ke rusun tersebut.
Anak Kampung Pulo Masih Sebut Jokowi Sebagai Gubernur DKI Jakarta
Anak-anak berusia antara 5 sampai 10 tahun tersebut mengerumuni sebuah kendaraan bertuliskan “Mobil Pintar” milik Direktorat Binmas Polda Metro Jaya, yang diluncurkan ke lokasi ini sebagai bagian dari program kelas belajar dan bermain untuk anak-anak penghuni Rusunawa Jatinegara.

“Selamat pagi anak-anak, ayo kita main tanya jawab. Siapa yang tahu nama Gubernur Jakarta?” sapa seorang instruktur, Aiptu Nani Suprihartini, melalui megafon.

Anak-anak tersebut menjawab dengan suara lantang. “Jokowi…!” seru mereka.

Sadar telah memberi jawaban yang salah, mereka meralatnya seketika itu juga. “Eh, Ahok…!” kata mereka dengan tertawa.

Puluhan anak-anak itu duduk di hamparan terpal biru di ruang seluas 5 meter x 6 meter di lantai dasar Tower B tersebut. Seusai tanya jawab singkat itu, mereka mewarnai kertas gambar yang baru dibagikan.

Baca juga
Rupiah Tembus Rp 14.000 per Dolar AS, Presiden Jokowi Belum Panik

Ini yang Dibicarakan Jokowi Bersama Seluruh Gubernur di Indonesia Pagi Tadi

Setelah itu, mereka pun bermain dan bernyanyi bersama. Sejumlah orangtua pun tampak mengawasi anaknya bermain.

Menurut Nani, aktivitas tersebut baru dimulai hari ini dan bakal diagendakan rutin setiap pekan.

“Baru hari ini dimulai. Kita berikan kelas bermain, mewarnai, membaca buku cerita, dan lainnya yang bisa menghibur mereka,” kata Nani.

“Selain mengajak bermain, kita juga kasih penyuluhan, mulai dari bahaya narkoba, penculikan anak, kenakalan remaja, tertib lalu lintas, dan lainnya,” ujar Nani.

Sebelumnya, beberapa anak-anak bermain di lift rusunawa dengan cara naik turun secara beramai-ramai. Sebab, belum tersedia ruang bermain anak di rusun tersebut. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)