Home > Gaya Hidup > Manfaat Ginseng Kuning Sebagai Obat Kuat untuk Pria

Manfaat Ginseng Kuning Sebagai Obat Kuat untuk Pria

Jakarta – Ginseng diketahui merupakan tanaman obat berkhasiat tinggi. Tanaman tersebut diketahui banyak ditemukan di Semenanjung Korea. Namun tahukah anda bahwa di Kalimantan, Indonesia, juga tumbuh satu jenis ginseng yang juga memiliki manfaat yang luar biasa?
Manfaat Ginseng Kuning Sebagai Obat Kuat untuk Pria
Tanaman tersebut disebut sebagai ginseng kuning. Namun demikian, meski disebut ginseng, bukan berarti tumbuhan endemik Kalimantan ini masih serumpun dengan ginseng dari Korea.

Ginseng kuning malah satu keluarga dengan tanaman kopi. Khasiatnya: meningkatkan vitalitas pria.

Kemampuan ginseng kuning (Rennelia elliptica) itu diungkap Andria Agusta, peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI. Dia mengetahui “obat kuat” itu dari cerita masyarakat setempat di Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat.

“Para suami di pedalaman Nanga Pinoh acap kali merebus akar ginseng kuning sebelum bercinta dengan istrinya,” kata Andria, Senin (25/8/2015).

Obat kuat tradisional itu terbukti meningkatkan frekuensi kawin pada mencit yang diberi ekstrak akar ginseng kuning di laboratorium. Setiap hari, selama jangka waktu tertentu, mencit itu diberi ekstrak akar ginseng kuning.

Efek obat kuat terekam dalam video yang dipasang di kandang mencit. Di dalam sebuah kotak kaca persegi panjang, berulang kali mencit jantan mengendus bokong mencit betina. Perilaku hewan dengan nama latin Mus musculus itu merupakan bagian dari ritual perkenalan sebelum kawin.

Jarak antara perkenalan dan proses kawin berlangsung cepat. Hal ini tak biasa dalam siklus kawin tikus kecil itu.

“Itu menunjukkan peningkatan libido yang cukup signifikan,” ujar Andria, yang memimpin riset tentang manfaat afrodisiak ginseng kuning.


Baca juga
Tips Mencerahkan Kulit dengan Ramuan Tradisional
Tips Menjaga Kulit Agar Tidak Mudah Keriput Dan Kendur

Selain peningkatan intensitas proses perkenalan, Andria menuturkan, hasil penelitian tersebut menampakkan peningkatan durasi proses ejakulasi mencit jantan.

Meski belum bisa mengatakan berapa besaran pastinya, mencit jantan cukup sering melakukan penetrasi sebelum mengalami ejakulasi.

Penelitian ini juga mencakup efek jumlah dosis pada mencit. Ada tingkatan dosis yang bermula dari 25 sampai 200 miligram. Berdasarkan uji coba, Andria berpendapat besaran dosis tersebut tak begitu berperan dalam peningkatan waktu penetrasi sampai ejakulasi.

Andria dan timnya telah meneliti efek ekstrak akar ginseng kuning pada mencit sejak awal 2013. Penelitian terhadap tanaman sejenis sebenarnya telah dilakukan di Malaysia pada 2010.

Namun, eksperimen tersebut berfokus pada senyawa minor kimia yang dapat menjadi obat antimalaria. Adapun riset milik Andria dan kawan-kawannya lebih menyoroti aspek efek vitalitas pria. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Tetap Efiesien di Usia Senja? Coba Saja Senam Otak ala Denzel Washington

Ingin Tetap Efiesien di Usia Senja? Coba Saja Senam Otak ala Denzel Washington

Los Angeles – Salah satu pemeran film The Magnificent Seven, aktor senior Denzel Washington, menilai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis