Home > Ragam Berita > Walau Tak Melanggar Syariat, MUI Sarankan Nama Tuhan Diganti

Walau Tak Melanggar Syariat, MUI Sarankan Nama Tuhan Diganti

Banyuwangi – Dalam satu pekan terakhir, heboh kemunculan sosok Tuhan di Banyuwangi terus menuai polemik. Menanggapi kisruh tersebut, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Banyuwangi akhirnya ikut turun tangan.

Walau Tak Melanggar Syariat, MUI Sarankan Nama Tuhan Diganti

Berdasarkan pengamatan tim Harian Indo (Jumat, 28/8/2015), KH Moch Yamin selaku Ketua MUI Banyuwangi angkat bicara dengan menyarankan pria asal Dusun Krajan, Desa Kluncing, Banyuwangi, Jawa Timur, tersebut segera mengubah namanya demi kepentingan bersama.

“Ini kepentingan bersama. Jadi demi kepentingan bersama, sebaiknya ditambah di depannya. Mungkin, Hamba Tuhan, kan gitu,” katanya pada Jumat (28/8/2015).

Ia menjelaskan, dengan mengubah atau menambahkan kata pada nama Tuhan merupakan bentuk perhatian masyarakat dan MUI, agar nama Tuhan tidak menjadi pergunjingan lebih panjang. Yamin menilai menggunakan nama Tuhan oleh manusia tanpa ada kata lain di depan atau di belakangnya tidaklah benar.

“Ini dilakukan sebagai bentuk perhatian. Kalo orang enggak peduli, ya sudah dibiar-biarin. Kan begitu. Tapi, ini kan mulai dari MUI pusat, MUI wilayah. Wilayah sini ini kan karena apa? Ini kan menjadi pergunjingan orang. Nah, daripada nama itu dipergunjingkan orang, maka sebaiknya pakai nama yang baik, yang dipuji, dan yang diharapkan menjadi nama yang baik, kan gitu,” jelasnya.

Mengenai administrasi perubahan nama yang harus diurus ke instansi pemerintah, ia meminta pihak terkait dapat memberi kemudahan bagi Tuhan dalam mengubah nama. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Bom Meledak di Latihan Tempur Paskhas TNI AU, Satu Orang Warga Tewas

Bom Meledak di Latihan Tempur Paskhas TNI AU, Satu Orang Warga Tewas

Pekanbaru – Seorang warga tewas akibat terkena bom saat Paskhas TNI Angkatan Udara melakukan latihan ...