Home > Gaya Hidup > Operasi Tumor Otak Sambil Bernyanyi? Kenapa Tidak?

Operasi Tumor Otak Sambil Bernyanyi? Kenapa Tidak?

London – Seorang mahasiswa di Imperial College, Inggris, yang bernama Reuben Hill, harus menjalani proses operasi untuk mengangkat tumor sebesar bola golf yang muncul di otaknya. Tumor tersebut muncul di sekitar area saraf yang berkaitan dengan bahasa dan komunikasi.

Operasi Tumor Otak Sambil Bernyanyi? Kenapa Tidak?

Reuben Hill, saat menjalani operasi tumor otaknya

Hill, yang merupakan seorang anggota kelompok paduan suara, merasa khawatir bahwa operasi ini bisa mengakibatkan dirinya tak bisa lagi menyanyi. Untuk itu, tim dokter yang menanganinya pun menyuruh Hill untuk menyanyi ketika kepalanya dibedah.

Seperti dilansir dari Daily Mail (Kamis, 27/8/2015), tim dokter menyuruh Hill menyanyi saat operasi berlangsung untuk memastikan saraf penting di otaknya tidak rusak dan kemampuan menyanyinya tidak hilang.


Baca juga
Kepala Warga Beijing Ditumbuhi Tanaman
Cara Menghilangkan Stres Dengan Olahraga Yang Sederhana

Di tengah operasi dokter membangunkan Hill dan dia menyanyi lagu berjudul “10.000 Reasons. Dengan menyanyi selama berlangsungnya operasi, tim dokter bisa segera mengetahui bila ada gangguan-gangguan tertentu dari saraf otak Hill yang berhubungan dengan bahasa dan komunikasi tadi.

Operasi yang menggunakan laser itu akhirnya berjalan sukses.

“Sekarang yang saya ingat hanya untuk berbahagia,” kata Hill kepada BBC setelah tujuh bulan sejak operasinya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Jakarta – Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat dengan istilah MENARI sebaiknya dilakukan setiap hari ...