Home > Hiburan > Ada Acara Memanggil Arwah dan Kesurupan, Bukan Empat Mata Mendapat Teguran KPI

Ada Acara Memanggil Arwah dan Kesurupan, Bukan Empat Mata Mendapat Teguran KPI

Jakarta – ‘Bukan Empat Mata’ yang menghadirkan komedian Tukul, Pepi, Vega Herwanti sebagai ‘host’-nya merupakan salah satu tayangan talkshow yang cukup awet di dunia pertelevisian Indonesia. Namun sayangnya, terkadang program ini menayangkan adegan yang mungkin kurang pantas untuk dipertontonkan. Alhasil, Bukan Empat Mata pun mendapat Teguran Tertulis dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat.
Ada Acara Memanggil Arwah dan Kesurupan, Bukan Empat Mata Mendapat Teguran KPI
Disebutkan bahwa KPI menemukan pelanggaran dalam tayangan Bukan Empat Mata episode 11 Agustus 2015 pukul 21.48 WIB.

“Tayangan tersebut menampilkan aksi pemanggilan arwah yang mengakibatkan seorang pria mengalami kesurupan. Program siaran dengan klasifikasi R wajib mengandung muatan, gaya penceritaan, dan tampilan yang sesuai dengan psikologis remaja. Muatan-muatan demikian dapat mendorong remaja untuk percaya pada kekuatan paranormal, klenik, praktik spiritual magis, supranatural, dan/atau mistik. Tayangan dengan muatan tersebut hanya dapat disiarkan pada pukul 22.00-03.00 waktu setempat (WIB),” tulis KPI di surat nomor 834/K/KPI/08/15.

Dalam surat bertanggal 27 Agustus 2015 itu, KPI menjelaskan bahwa jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas perlindungan remaja, pembatasan program siaran mistik, horor, dan supranatural serta penggolongan program siaran.


Lainnya di Harian Indo
Drama Korea ‘Yong Pal’ Suguhkan Ciuman Kim Tae Hee dan Joo Won
Chelsea Olivia Tak Ikuti Jejak Raffi Ahmad Untuk Komersialkan Pernikahannya

KPI Pusat memutuskan bahwa tayangan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012 Pasal 14, Pasal 20, dan Pasal 21 ayat (1) serta Standar Program Siaran Pasal 15 ayat (1), Pasal 32, serta Pasal 37 ayat (4) huruf b. Berdasarkan pelanggaran tersebut, KPI Pusat memberikan sanksi administratif Teguran Tertulis. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Selena Gomez Isyaratkan Masih Sayang Pada Justin Bieber

Selena Gomez Isyaratkan Masih Sayang Pada Justin Bieber

Los Angeles – Semenjak akhir bulan Oktober lalu, Selena Gomez dikabarkan kembali menjalin hubungan kasih ...