Home > Teknologi > Awas, Denda Rp 1 Miliar untuk Status “Meresahkan” di Media Sosial

Awas, Denda Rp 1 Miliar untuk Status “Meresahkan” di Media Sosial

Jakarta – Media seperti Facebook, Twitter, Instagram, maupun Youtube telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Melalui media tersebut. berbagai informasi dan hiburan bisa didapatkan dengan mudah dan cepat.
Awas, Denda Rp 1 Miliar untuk Status "Meresahkan" di Media Sosial
Namun demikian, masyarakat diharapkan mampu menggunakan media sosial secara bijak. Masyarakat jangan sampai menyalahgunakan media sosial sedemikian rupa hingga merugikan seseorang.


Simak pula
Dengan Aplikasi Ini, Anda Bisa Tahu Teman Facebook yang Diam-diam Naksir Anda
Dian Sastro Keluhkan Aplikasi Gojek Yang Sering Hang

Melalui akun Facebook resminya, Jumat kemarin (28/8/2015) Divisi Humas Mabes Polri mengingatkan masyarakat akan pidana yang dijatuhkan bila ada masyarakat yang melanggar aturan dalam penggunaan media sosial.

Menurut Pasal 27 ayat 1, 2, 3 dan 4 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik menyatakan bahwa:

(1) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan yang melanggar kesusilaan.

(2) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan perjudian.

(3) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.

(4) Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan pemerasan dan/atau pengancaman.

Ketentuan pidana atas perbuatan tersebut, yaitu:

Menurut Pasal 45 ayat 1
(1) Setiap Orang yang memenuhi unsur sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1), ayat (2), ayat (3), atau ayat (4) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Dengan penjabaran tersebut, Polri ingin secara simpel ingin mengingatkan kepada seluruh netizen–sebutan pengguna internet dan media sosial, agar tidak menuliskan ‘status’ atau ‘tweet’ yang meresahkan masyarakat, mengandung hinaan terhadap suatu pihak, atau yang menjurus pada tindakan penipuan secara online. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Medsos Buatan Indonesia Siap Go Internasional Tahun Depan

Medsos Buatan Indonesia Siap Go Internasional Tahun Depan

Jakarta – Seperti yang telah kita ketahui, sosial media merupakan salah satu hal yang tidak ...