Home > Gaya Hidup > 5 Fakta Tentang Kolam Renang ini Pasti akan Membuat Anda Bergidik

5 Fakta Tentang Kolam Renang ini Pasti akan Membuat Anda Bergidik

Jakarta – Saat ini, kolam renang tidak hanya berfungsi sebagai sebuah fasilitas olahraga berenang, namun juga berfungsi sebagai sarana rekreasi. Kolam renang juga dianggap sebagai lokasi yang ramah bagi keluarga, dan bisa menjadi tempat bermain sekaligus olahraga bagi anak-anak dan keluarga.
5 Fakta Tentang Kolam Renang ini Pasti akan Membuat Anda Bergidik
Namun demikian, tahukah anda bahwa ada beberapa fakta mengenai kolam renang yang perlu anda waspadai?

Dilansir Mashable, penelitian yang dilakukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit membuktikan bahwa ada bakteri E. Coli yang pada umumnya ditemukan pada kotoran manusia di kolam renang, namun itu bukan yang terburuk.

Berikut ini 8 fakta tentang kolam renang yang mungkin Anda belum pernah tahu atau dengar sebelumnya!

1. 1 dari 5 orang buang air kecil di kolam

Melalui survei oleh CDC terhadap 1000 orang dewasa, menemukan bahwa 20 persen di antaranya mengaku pernah buang air kecil di kolam renang. Masih berani buka mulut di kolam?

2. Klorin tidak membunuh semua bakteri, bahkan ada bakteri yang tahan klorin

Salah satu bakteri yang bisa bertahan hidup di klorin adalah pinworm, sejenis cacing penyebab masalah pencernaan. Bakteria Cryptosporidium bahkan bisa hidup dalam kolam dan bak air panas selama 10 hari, dan bisa mengakibatkan penyakit pencernaan serius jika tertelan.

3. Ada kotoran manusia di kolam renang

Melalui penelitian sejumlah filter kolam, CDC menemukan bahwa 58 persen sampel positif terkontaminasi E. Coli, bakteri yang ditemukan dalam kotoran manusia. Rata-rata manusia membawa 14 gram kotoran di di dalam pencernaan mereka saat masuk kolam yang dapat terkontaminasi di dalam air. Kalian bisa menghitung sendiri kelanjutannya jika kolam renang mendapatkan 100 pengunjung dalam satu hari.

4. Semakin kuat aroma kaporit, semakin kotor kolam

Bau kolam renang yang selama ini kita sebut “bau kaporit” sesungguhnya merupakan hasil dari bercampurnya klorin dengan keringat, air kencing, dan berbagai cairan tubuh manusia lainnya. Kolam yang bersih seharusnya hampir tidak berbau.

5. Bukan klorin yang membuat mata Anda perih

Saat masuk kolam renang tanpa kacamata renang, mata kita umumnya akan terasa perih dan memerah. Itu bukan karena, melainkan klorin bercampur dengan air kencing dan partikel kotoran manusia.

Selamat berenang!
(Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Ingin Tetap Efiesien di Usia Senja? Coba Saja Senam Otak ala Denzel Washington

Ingin Tetap Efiesien di Usia Senja? Coba Saja Senam Otak ala Denzel Washington

Los Angeles – Salah satu pemeran film The Magnificent Seven, aktor senior Denzel Washington, menilai ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis