Home > Ragam Berita > Tuntutan Apa Yang Akan Disuarakan Oleh Puluhan Ribu Buruh Di Istana Nanti ?

Tuntutan Apa Yang Akan Disuarakan Oleh Puluhan Ribu Buruh Di Istana Nanti ?

Jakarta – Sesuai jadwal hari ini (1/9) Istana Merdeka akan dikepung oleh demo besar-besaran oleh buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Tuntutan Apa Yang Akan Disuarakan Oleh Puluhan Ribu Buruh Di Istana Nanti ?

Said Iqbal selaku Presiden KSPI mengungkapkan bahwa demo ini tidak ada kaitannya dengan May Day atau Hari Buruh Internasional.

“Kami ingin menyampaikan tuntutan yang sangat mendesak, tidak perlu menunggu 1 Mei,” kata Said Iqbal, Senin (31/8/2015).

Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia Timboel Siregar menambahkan, pemutusan hubungan kerja yang dilakukan beberapa perusahaan menjadi salah satu pemicu federasi buruh berkonsolidasi.

“Para pengusaha beralasan melemahnya rupiah dan melambatnya laju ekonomi membuat keuangan perusahaan memburuk,” kata Timboel.

Dia berharap dengan berunjuk rasa, pemerintah bersedia memberikan insentif bagi pengusaha selama mengalami krisis.

Timboel juga menyinggung soal pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang dianggap diskriminatif terhadap buruh

“Saya masih menangani kasus buruh hamil minta cuti malah di-PHK dan tak dilayani oleh BPJS Kesehatan tanpa alasan yang jelas,” kata dia.

Padahal, menurut Timboel, meskipun seseorang di-PHK, dia berhak mendapatkan layanan BPJS Kesehatan selama membayar premi.

Lalu, kata Timboel, jaminan pensiun untuk buruh dianggap tak manusiawi.

“Setelah 15 tahun, buruh hanya mendapatkan Rp 500 ribu sampai Rp 3,6 juta untuk pensiun, ini sangat tidak layak,” kata dia.

Permintaan buruh, kata Timboel, pemerintah menaikkan iuran dari tiga persen menjadi delapan persen dengan pembagian tiga persen pengusaha, lima persen buruh. (Rani Soraya – www.harianindo.com)

x

Check Also

Dapat Karangan Bunga Sindiran Hak Angket KPK, Ini Komentar Fadli Zon

Dapat Karangan Bunga Sindiran Hak Angket KPK, Ini Komentar Fadli Zon

Jakarta – Karangan bunga sepertinya menjadi tren bagi warga untuk memberikan ucapan atau pesan-pesan kepada ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis