Festival Kuliner Nusantara Soto dan Sate Digelar di Padang 5-6 September 2016



4/09/2015

Padang – Festival Kuliner Nusantara Soto dan Sate akan digelar pada 5 hingga 6 September 2015 di Padang. Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengharapkan acara ini dapat menjadi contoh bagi pedagang kaki lima (PKL) kuliner di kota setempat.

Festival Kuliner Nusantara Soto dan Sate Digelar di Padang 5-6 September 2016

“Tujuan digelarnya festival ini untuk membina usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kuliner di Kota Padang sehingga mereka mengetahui bagaimana mempromosikan kulinernya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang Dian Fakhri di Padang (Rabu, 2/9/2015).

Menurut dia, para PKL di Kota Padang selama ini belum mengetahui bagaimana cara mempromosikan dan berdagang kuliner yang baik.

Kegiatan berskala nasional yang digagas Kementerian Pariwisata RI tersebut kemudian diadakan di halaman Museum Adityawarman.

“Hal itu tentunya akan meningkatkan kesejahteraan para UMKM kuliner Kota Padang,” ujarnya.

Selain untuk memberikan contoh yang baik, dia mengatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Padang.

Ia menyebutkan, pada hari dan lokasi yang sama, terdapat pula Festival Marandang antar-kelurahan se-Kota Padang, antar-siswa SMA, dan antar-pimpinan kota serta muspida.

“Seluruh kegiatan ini direncanakan dibuka Menteri Pariwisata pada Sabtu (5/9/2015) pukul 10.00 WIB,” tambahnya.

Ketua Asosiasi Tour dan Travel Agent (Asita) Sumbar, Ian Hanafiah, mengatakan, festival kuliner tersebut harus bisa dimanfaatkan untuk terus mempromosikan keberagaman masakan khas dari Sumbar.

“Kegiatan itu akan mampu mendorong peningkatan kunjungan wisatawan dan mengenalkan lebih dalam tentang masakan Sumbar,” katanya. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser
advertisement

Photo Gallery