Home > Gaya Hidup > Begini Cara Inggris Cegah Warganya Buang Sampah Sembarangan

Begini Cara Inggris Cegah Warganya Buang Sampah Sembarangan

London – Sampah merupakan satu masalah pelik yang tumbuh bersamaan dengan perkembangan sebuah kota. Semakin maju dan besar sebuah kota, masalah persampahan yang harus dihadapi pun akan semakin besar. Untuk itu, selain peran dari pemerintah, perlu ada juga partisipasi dari masyarakat untuk bisa membuat kota yang mereka tinggali bersih dari sampah dan semakin nyaman untuk ditinggali. Partisipasi tersebut bisa dilihat baru-baru ini di London, Inggris.
Begini Cara Inggris Cegah Warganya Buang Sampah Sembarangan
Sebuah organisasi di Inggris yang bernama Hubbub berencana untuk membersihkan jalan-jalan kota London melalui kampanye #neatstreets (jalanan bersih). Salah satu proyek brilian mereka adalah dengan mengajak perokok untuk melakukan polling terhadap beragam topik. Pemilihan jawaban dilakukan dengan membuang puntung rokok ke dalam wadah menurut jawaban mereka
Begini Cara Inggris Cegah Warganya Buang Sampah Sembarangan
Organisasi ini juga merancang sebuah media yang dapat memainkan musik ketika sampah atau puntung rokok dimasukkan. Hal tersebut tentunya menarik pejalan kaki untuk membuang sampahnya ke dalam media unik tersebut.

Hal yang sama juga dilakukan bagi mereka yang memiliki kebiadaan buruk menempelkan permen karet di tempat-tempat umum. Organisasi ini juga mengajak warga-warga nakal untuk berinteraksi dengan mengajak untuk menempelkan permen karet mereka ke suatu alas atau papan.
Begini Cara Inggris Cegah Warganya Buang Sampah Sembarangan
Pada papan terdapat sebuah pertanyaan yang akan membuat Anda heran. Untuk mengetahui jawabannya, Anda pertama harus menempelkan permen karet yang anda kunyah untuk membentuk sebuah jawaban.

Menurut survei yang dilakukan Hubbub melalui situsnya telah mengungkapkan bahwa 86 persen orang anggap membuang sampah sembarangan merupakan kebiasaan yang buruk dan menjijikkan. Namun, hanya 15 persen orang yang mengaku akan menegor jika ada yang membuang sampah sembarangan.

Dilansir dari Bored Panda, kampanye yang berupa uji coba ini dilangsungkan di sejumlah jalan-jalan kota London dari bulan Mei hingga Oktober– dengan menggunakan pembelajaran terhadap perubahan sikap dan kesadaran manusia yang terkini dari seluruh dunia. (Galang Kenzie Ramadhan – www.harianindo.com)

x

Check Also

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Memeriksa Denyut Nadi Setiap Hari Bisa Menghindarkan Stroke

Jakarta – Meraba Nadi Sendiri atau yang disingkat dengan istilah MENARI sebaiknya dilakukan setiap hari ...