Sering Alami Migrain ? Hindari Hal Berikut Ini



16/09/2015

Jakarta – Apakah Anda pernah merasa pusing? Berdenyut nyeri pada satu titik di kepala atau bahkan kedua sisi kepala Anda? Anda mungkin mengalami migrain.

Sering Alami Migrain ? Hindari Hal Berikut Ini

Migrain adalah sakit kepala yang sangat intens dan menjadi sulit untuk menentukan penyebab migran, tak sedikit masyarakat mengatakan bahwa penyebab migrain karena frustasi.

Tetapi itu bukan penyebab utama karena yang perlu Anda ketahui bahwa penyakit kepala seperti migrain ternyata dipicu oleh makanan atau minuman.

1. Alkohol

Anggur, terutama anggur merah diyakini menjadi salah satu pemicu migrain. Menurut review oleh para peneliti di Brazil, penderita migrain mengatakan bahwa alkohol bisa memainkan peran dalam serangan migrain mereka sekitar 30 persen. Alasannya masih bisa diperdebatkan, tetapi beberapa ahli percaya bahwa senyawa tertentu dalam anggur seperti tanin dan flavonoid adalah penyebabnya.

2. Kafein

Jika Anda rentan terhadap migrain, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali mengonsumsi kopi atau soda. Terlalu banyak konsumsi kopi atau soda bisa menyebabkan serangan migrain yang mungkin disebabkan karena tindakan kafein pada reseptor tertentu di otak yang terkait dengan migrain.

3. Keju

Gorgonzola, Camembert dan Cheddar. Keju tua biasanya memang kaya rasa namun mereka juga bisa memicu migrain. Penelitian menunjukkan bahwa keju bisa mengandung senyawa yang disebut tyramines yang bisa berinteraksi dengan neurotransmitter dalam tubuh dan menyebabkan migrain.

4. Daging yang diproses

“Hot dog, sosis bahkan sandwich mungkin bisa menyebabkan migrain,” kata seorang ahli saraf Rebecca Traub, MD, seperti dilansir laman Yahoo Health, Selasa (15/9).

Daging tersebut bisa mengandung pengawet yang disebut natrium nitrat dan peneliti berspekulasi bahwa aditif ini juga bisa menyebabkan perubahan kimia otak yang berkontribusi terhadap sakit kepala.

5. Jeruk

Kelompok makanan ini masih bisa diperdebatkan dimana beberapa studi telah menemukan hubungan antara migrain dan jeruk citrus, sementara yang lain tidak. (Dwi Kristyowati – www.harianindo.com)



Google+ comment widget by skipser
advertisement

Photo Gallery