Home > Ragam Berita > Anda Akan Menjadi Saksi Mata Supermoon Malam Ini

Anda Akan Menjadi Saksi Mata Supermoon Malam Ini

Jakarta – Gerhana Bulan Supermoon (Bulan Merah Darah), akan kembali terlihat setelah 18 tahun tidak terjadi di langit Bumi. Fenomena alam langka itu akan kembali terlihat pada hari ini, Minggu, 27 September malam.

Anda Akan Menjadi Saksi Mata Supermoon Malam Ini

Dilansir Digital Trends, keindahan Gerhana Bulan total Supermoon langka ini akan terjadi pada Minggu, 27 September sekitar pukul 7 malam hingga Senin, 28 September 2015 pukul 12 malam 27 detik (semua waktu timur).

Sementara itu, bulan darah sendiri akan berlangsung selama 72 menit dari sekitar pukul 10 malam sampai 11.23 malam. Sisa waktunya, Bulan perlahan akan keluar dari bayangan Bumi.

Fenomena ini dilaporkan mampu disaksikan sekitar 3 miliar penghuni Bumi, dengan perkiraan 1 miliar orang di belahan Bumi Barat, 1,5 miliar orang di seluruh Eropa dan Afrika, dan setengah miliar orang di bagian Barat Asia. Meski demikian, cuaca juga memiliki andil untuk menyaksikan fenomena langka tersebut.

Fenomena langka ini terakhir kali terlihat pada tahun 1982. Fenomena selanjutnya diprediksi akan terjadi pada tahun 2033. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Berstatus Terpidana, Ahok Tak Mungkin Jadi Cawapres atau Menteri

Berstatus Terpidana, Ahok Tak Mungkin Jadi Cawapres atau Menteri

Jakarta – Beberapa waktu yang lalu Lembaga Survei Inddikator Politik Indonesia telah merilis hasil surveinya ...