Home > Gaya Hidup > Ladies, Kurus Bukanlah Bentuk Tubuh Idaman

Ladies, Kurus Bukanlah Bentuk Tubuh Idaman

Jakarta – Masih banyak orang yang berpikir bahwa bentuk tubuh ideal berarti kurus. Padahal, kurus berarti underweight yakni memiliki berat badan dibawa normal dan cenderung tidak sehat karena pada umumnya kurang gizi.

Ladies, Kurus Bukanlah Bentuk Tubuh Idaman

“Bukan kurus, namun apabila kelebihan berat badan seharusnya menurunkan berat badan mencapai berat badan ideal,” ujar dokter spesialis gizi klinis, dr. Inge Permadhi, MS, SpGK di Jakarta, Jumat (2/10).

Berat badan ideal dapat diukur melalui indeks massa tubuh atau IMT, yakni dengan cara angka berat badan (kg) dibagi dengan tinggi berat badan (m) kuadrat.

IMT kisaran normal adalah di angka 18,5-22,9. Kurang dari kisaran itu dapat dikategorikan sebagai berat badan rendah, sedangkan lebih dari kisaran itu dikategorikan berat badan berlebih, obesitas 1, obesitas 2, dan obesitas berlebihan.

Komposisi tubuh ideal terdiri dari 25-30 persen lemak dan 10-14 kg otot untuk perempuan serta 15-20 persen lemak dan 11-16 kg otot untuk laki-laki.

Menurut dr. Inge, untuk memiliki tubuh yang ideal, sebaiknya mencukupi kebutuhan karbohidrat sebanyak 55-60 persen dari total kalori, batasi konsumsi lemak dengan mencukupi kebutuhan lemak sehat kurang dari 30 persen total kalori serta cukupi kebutuhan protein 15 persen dari total kalori.

“Selain itu cukupi kebutuhan vitamin dan mineral dari makanan sehat yang dikonsumsi serta dari buah dan sayur. Penting juga melakukan latihan fisik secara rutin minimal 30 menit tiap harinya,” tutup dr. Inge. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Edan! Gunting Operasi Bisa Tertinggal di Dalam Perut Pria Ini Selama 18 Tahun

Edan! Gunting Operasi Bisa Tertinggal di Dalam Perut Pria Ini Selama 18 Tahun

Jakarta – Sudah sering terdengar seorang pasien yang merasakan keluhan di dalam tubuhnya karena peralatan ...

12465455_10205256660160520_652338149_o

Follow Kami Di Line @harianindo Friends Added

Portal Berita Indonesia

Saran dan Masukan Selalu Kami Tunggu Untuk Kami Membangun Portal Media Ini Agar Bisa Menjadi Lebih Baik Lagi. Hubungi Kami Jika Ada Saran, Keluhan atau Masukan Untuk Kami. Untuk Pemasangan Iklan Silahkan Kontak Kami di Page Pasang Iklan.

Aktual, Faktual dan Humanis