Home > Hiburan > Baru Tayang 2 Kali, Rating “Stand Up Comedy Academy” Masuk 7 Besar

Baru Tayang 2 Kali, Rating “Stand Up Comedy Academy” Masuk 7 Besar

Jakarta – Stand Up Comedy sudah menjadi dari bagian TV Indonesia sejak tahun 2011. Adalah Metro TV dan Kompas TV, dua stasiun TV yang mempopulerkan stand up. Humor stand up, selama lima tahun terakhir terbilang segmented.

Baru Tayang 2 Kali, Rating "Stand Up Comedy Academy" Masuk 7 Besar

Komik atau pelawak stand up, bisa saja populer di dunia maya atau sukses menulis buku dan membintangi film layar lebar. Tapi ketika tampil di TV nasional general, tunggu dulu.

Metro TV dan Kompas TV, boleh dibilang tidak peduli pada rating. Sajian utama adalah berita dan informasi. Hiburan, bisa dibilang sebagai pelengkap.

Berbeda dengan TV general, atau stasiun TV yang lebih banyak menayangkan program hiburan dan menentukan usia program berdasarkan rating. TV general seperti RCTI, SCTV, Trans TV, jarang sekali melibatkan komik dalam programnya. Program komedi masih didominasi lawakan slapstick dan berbentuk sketsa.

Indosiar menggebrak pakem ini. Mulai Senin (5/10), Indosiar menayangkan Stand Up Comedy Academy (SUCA). Kompetisi ini menggandeng nama-nama besar di dunia stand up seperti Panji Pragiwaksono, Ernest Prakasa dan Raditya Dika.

Kami sempat ragu. Indosiar memang berhasil menggaet penonton lewat talent search seperti D Academy. Dangdut, yang (masih) identik dengan musik kalangan menengah ke bawah. Apakah sajian seperti SUCA ‘termakan’ oleh penonton Indosiar ?

Dugaan kami meleset. Dua hari tayang, SUCA mendapat respon positif. Pada Selasa (6/10), berpatokan pada data kepemirsaan target audience ALL, program ini berada di posisi 7 dengan TVR 3,1 dan TVS 15,3, menjadi program Indosiar satu-satunya di jajaran 20 besar.

Sambutan positif pun berdatangan di dunia maya. Well, kami tak tahu pasti. Apakah TVR sebesar 3,1 ini merupakan penonton setia Indosiar, dalam arti mereka para penikmat D T3rong dan Sinema Pintu Taubat, ataukah Indosiar mendapat penonton baru lewat tayangan SUCA.

Kesuksesan SUCA juga tak lepas dari pintarnya Indosiar memadukan wajah stand up dan wajah Indosiar/SCTV. Wajah Indosiar/SCTV yang kami maksud adalah Andhika Pratama dan Gading Martin. Sosok Soimah pun sempat menjadi jadi juri tamu. Kolaborasi yang tepat.

Memang, masih terlalu dini menilai program di minggu pertama tayang. Kontestan yang lolos ke babak selanjutnya tentu berperan penting. Kalau tak menemukan finalis yang pas di hati pemirsa, beresiko membuat penonton pergi.

Bagaimana pun performa SUCA selanjutnya, salut untuk Indosiar yang berani memberikan ruang bagi para komik dan fenomena stand up untuk dikenal lebih luas. (Dwi Kristyowati – harianindo.com)

x

Check Also

Selamat, Setelah 11 Tahun Menikah Akhirnya Siti Nurhaliza Hamil 4 Bulan

Selamat, Setelah 11 Tahun Menikah Akhirnya Siti Nurhaliza Hamil 4 Bulan

Jakarta – Kabar gembira datang dari rumah tangga penyanyi Siti Nurhaliza (38) dan Datuk Seri ...